Pengertian Zakat
Zakat adalah mengeluarkan
sebagian harta untuk diberikan pada yang berhak menerima zakat. Dalam
literatur fiqih pada bab zakat para ulama’ madzhab sepakat bahwa
golongan orang-orang yang berhak menerima zakat ada delapan, antara
lain:
1. Fakir, yaitu orang yang selalu tidak mampu memenuhi kebutuhan makan dalam sehari.
2. Miskin, yaitu orang yang kurang bisa memenuhi kebutuhan, tetapi masih bisa mengusahakan.
3. Amil, yaitu orang yang diberi tugas untuk mengelola zakat.
4. Muallaf, yaitu orang yang baru masuk Islam.
5. Budak, yang melakukan penebusan dirinya untuk merdeka.
6. Ghorim, yaitu orang yang terbebani banyak hutang melebihi jumlah hartanya.
7. Sabilillah, yaitu orang yang berperang di jalan Allah, meskipun kaya.
8. Ibnu Sabil, yaitu orang yang kehabisan bekal selama dalam perjalanan dengan tujuan baik
Hal ini diterangkan dalam kitab
(Tanwir al-Qulub halaman 226)
TUJUAN ZAKAT
Zakat disamping sebagai
rukun Islam yang ke tiga juga merupakan ibadah malliyah (yang
berhubungan dengan harta)Serta dapat dijadikan sebagai jalan seorang
hamba untuk mendekatkan dirinya kepada sang khalik. Sebagaimana
dijelaskan dalam kitab Fiqih Wadlhih
اَلزَّكاَةُ عِباَدَةٌ
مَالِيَةٌ يَتَقَرُّبُهَا اْلعَبْدُ اِلىَ خاَلِقِهِ عَزَّ وَجَلَّ فَإِذَا
اَدَاهَا كاَمِلَةً عَلَى وَجْهِهَا الصَّحِيْحُ رَاضِيَةً بِهَا
نَفْسُهَا مُبْتَغِيًّا بِهَا وَجْهَ رَبِّهِ تَعَالَى غَيْرَ مُرَاءٍ
بِهَا النَّاسَ كاَنَ سَبَباً فِى نَجَاتِهِ مِنْ عَذَابِ النَّارِ
وَدُخُوْلِهِ الْجَنَّةَ كَماَ صَرَحَتْ بِهَا اْلاَيَاتُ اْلقُرْاَنِيَّةُ
وَاْلاَحاَدِيْثُ النَّبَوِيَّةُ
Zakat merupakan ibadah
malliyah yang dapat dijadikan oleh seorang hamba untuk mendekatkan diri
kepada sang khalik azza wajalla. Jika seorang hamba menunaikannya dengan
sempurna, sesuai dengan aturan yang benar, ikhlas dan hanya mencari
ridla Allah Swt., tidak ada maksud ingin dipuji orang, maka akan menjadi
sebab terbebasnya dari adzab api neraka, dan masuk ke dalam surga,
sebagaimana telah ditegaskan ayat al-Qur'an dan hadits Nabi
(Al-Fiqih al-Wadlhih Min al-Kitab Waa al-Sunnah , juz 1/464)
PEMBAGIAN ZAKAT
Zakat ada dua macam:
1. Zakat mal (zakat harta)
2. Zakat fitrah
Jenis barang yang wajib dikeluarkan zakatnya ada 5 macam:
1. Hewan ternak, seperti kambing, sapi, unta
2. Emas dan perak
3. Hasil pertanian, seperti padi, kedelai, kacang dan lain lain
4. Hasil pertanian, Seperti jenis buah-buahan
5. Harta yang diperdagangkan.
Zakat Fitrah
Syarat wajib zakat fitrah:
1. Islam.
2. Merdeka.
3. Memiliki kelebihan biaya untuk dirinya beserta keluarganya dan dari biaya pembayaran hutang, diwaktu hari raya.
Dalam kitab Nihayah al-Zain halaman 173
( وَتَجِبُ الْفِطْرَةُ
عَلَى حُرٍّ بِغُرُوْبِ لَيْلَةِ فِطْرٍ عَمَّنْ تَلْزَمُهُ نَفَقَتُهُ
وَلَوْ رَجْعِيَّةً إِنْ فَضَلَ عَنْ قُوْتِ مَمُوْنٍ ) لَهُ ( يَوْمَ
عِيْدٍ وَلَيْلَتِهِ وَعَنْ دَيْنٍ ) كَمَا اعْتَمَدَهُ اِبْنُ حَجَرٍ
تَبَعًا لِلْمَاوَرْدِيِّ كَقَوْلِ إِمَامِ الْحَرَمَيْنِ دَيْنُ
اْلآدَمِيْ يَمْنَعُ وُجُوْبَ الْفِطْرَةِ بِالْاِتِّفَاقِ ( وَمَا
يُخْرِجُهُ فِيْهَا ) أَيْ اَلْفِطْرَةِ . نهاية الزين ص 173
Adapun barang yang
digunakan untuk berzakat adalah berupa makanan pokok di daerah
masing-masing, misalnya beras, gandum, sagu dan lain sebagainya. Ukuran
barang yang dikeluarkan untuk zakat fitrah adalah 1 sha’ (4 mud) atau
2,5 kg atau lebih.
(وَهِيَ) اَىْ زَكاَةُ
الْفِطْرِ (صَاعً) وَهُوَ أَرْبَعَةُ أَمْدَادٍ وَالْمُدُّ رِطْلٌ وَثُلُثٌ
فَلاَ تُجْزِئُ مِنْ غَيْرِ غاَلِبِ قُوَّتِهِ أَوْ قُوَّتٍ مُؤَدٍّ أَوْ
بَلَدِهِ لِتَشَوُّفِ النُّفُوْسِ لِذَلِكَ (فتح المعين : 50)
تُجِبُ زَكاَةُ اْلفِطْرِ
بِغُرُوْبِ الشَّمْسِ لَيْلَةَ اْلعِيْدِ عَلَى مَنْ مَلَكَ صَاعًا -
وَهُوَ أَرْبَعَةُ أَمْدَادٍ وَالْمُدُّ رِطْلٌ وَثُلُثٌ ( التذكرة الباب
فصل زكاة الفطر الجوء 1 ص 73 )
PENGERTIAN SABILILLAH DALAM ZAKAT
Termasuk al-Ashnaf
al-Tsamaniyah (delapan golongan yang berhak menerima zakat) yang
disebutkan dalam al-Qur’an adalah golongan Fii sabilillah. Apakah yang
dimaksud Fii sabilillah dalam ayat itu?
Mengenahi permasalahan ini ada beberapa pandangan;
a. Mereka yang berperang membela agama Allah
وَفِىْ سَبِيْلِ اللهِ) أَيْ اَلْقَائِمِيْنَ باِلْجِهَادِ مِمَّنْ لاَ فَيْءَ لَهُمْ وَلَوْ أَغْنِيَاءَ
Fisabilillah artinya
adalah orang-orang yang melaksanakan jihad/berperang (peperangan membela
agama Allah. Yakni orang-orang yang tidak mendapatkan harta fai(harta
yang diperoleh dari rampasan perang) meskipun tergolong kaya-raya.
(Tafsir al-Jalalain hal.162)
وَنَقَلَ الْقَفَّالُ عَنْ
بَعْضِ الْفُقَهَاءِ أَنَّهُمْ أَجاَزُوْا صَرْفَ الصَّدَقاَتِ إِلَى
جَمِيْعِ وُجُوْهِ الْخَيْرِ : مِنْ تَكْفِيْنِ الْمَوْتىَ وَبِناَءِ
الْحُصُوْنِ وَعِمَارَةَ الْمَسْجِدِ لِأَنَّ قَوْلُهُ تَعاَلَى فِىْ
سَبِيْلِ اللهِ عاَمٌ فِى اْلكُلِّ. (تفسير المنير : ج 1 ص 344
Menurut sebagian ulama’
ahli Fiqih yang dikutip oleh al-Qoffal bahwa sesungguhnya mereka itu
memperbolehkan pentasarufan zakat untuk semua bentuk kebaikan, seperti
untuk mengkafani mayit, membangun benteng dan memperbaiki masjid, karena
firman Allah Swt. Fii sabilillah itu umum bisa mencakup semuany
(Tafsir al-Munir, juz I, hal.344)
ZAKAT FITRA UNTUK GURU NGAJI ( PAK KIYAI)
Tradisi di kampung biasanya zakat masyarakat sekitar diberikan kepada kyai dan guru ngaji. Bagaimana hukumnya?
Sebagaimana dijelaskan
bahwa yang berhak menerima zakat hanya terbatas pada delapan golongan
saja, sementara yang lain tidak boleh menerimanya. Dalam hal ini
terdapat perincian:
a. Tidak boleh menerima zakat apabila tergolong orang yang mampu.
b. Boleh menerima zakat
bagi guru ngaji yang tidak mampu dikarenakan waktunya dihabiskan untuk
mengajarkan ilmunya, sebagaimana diterangkan dalam kitab I’anah
al-Thalibin, juz II, hal. 189.
وَاعْلَمْ ) أَنَّ ماَ
لاَ يَمْنَعُ اْلفَقْرَ مِمَّا تَقَدَّمَ لاَ يَمْنَعُ الْمِسْكِنَةَ
أَيْضاً كَمَا مَرَّ اَلتَّنْبِيْهُ عَلَيْهِ وَمِمَّا لاَ يَمْنَعُهُمَا
أَيْضاً اِشْتِغاَلُهُ عَنْ كَسْبٍ يَحْسِنُهُ بِحِفْظِ الْقُرْآنِ أَوْ
بِالْفِقْهِ أَوْ بِالتَّفْسِيْرِ أَوِ الْحَدِيْثِ أَوْ ماَ كاَنَ آلَةٌ
لِذَلِكَ وَكاَنَ يُتَأَتَّى مِنْهُ ذَلِكَ فَيُعْطَى لِيَتَفَرَّغَ
لِتَحْصِيْلِهِ لِعُمُوْمِ نَفْعِهِ وَتَعْدِيْهِ وَكَوْنِهِ فَرْضُ
كِفَايَةٍ
Termasuk sesuatu yang
tidak mencegah keduanya (status fakir dan miskin) adalah seseorang yang
meninggalkan pekerjaan yang dapat memperbaiki ekonominya karena waktunya
hanya tersita untuk menghafal al-Qur’an, memperdalam ilmu fiqih, tafsir
atau hadits, atau ia sibuk melaksanakan sesuatu yang menjadi wasilah
tercapainya ilmu tersebut. Maka orang-orang tersebut dapat diberi zakat,
agar mereka dapat melaksanakan usahanya itu secara optimal. Sebab
manfaatnya akan dirasakan serta mengena kepada masyarakat umum,
disamping itu perbuatan itu juga merupakan fardhu kifayah
(I'anah al-Thalibin, juz II, hal. 189)
c. Boleh menerima zakat
meskipun kaya raya, karena guru ngaji atau kyai adalah termasuk orang
yang berjuang di jalan kebaikan, maka termasuk kriteria Fii sabilillah,
sebagaimana pendapat sebagian ulam' FiqH
وَنَقَلَ الْقَفَّالُ عَنْ
بَعْضِ الْفُقَهَاءِ أَنَّهُمْ أَجاَزُوْا صَرْفَ الصَّدَقاَتِ إِلَى
جَمِيْعِ وُجُوْهِ الْخَيْرِ : مِنْ تَكْفِيْنِ الْمَوْتىَ وَبِناَءِ
الْحُصُوْنِ وَعِمَارَةَ الْمَسْجِدِ لِأَنَّ قَوْلُهُ تَعاَلَى فِىْ
سَبِيْلِ اللهِ عاَمٌ فِى اْلكُلِّ
Menurut sebagian ulama’
ahli Fiqih yang dikutip oleh al-Qoffal bahwa sesungguhnya mereka itu
memperbolehkan pentasarufan zakat untuk semua bentuk kebaikan, seperti
untuk mengkafani mayit, membangun benteng dan memperbaiki masjid, karena
firman Allah Swt. Fii sabilillah itu umum bisa mencakup semuany
(Tafsir al-Munir, juz I, hal.344)
ZAKAT DIBERIKAN KEPADA SANTRI
Golongan yang berhak
menerima harta zakat sebanyak delapan macam golongan diantaranya adalah
fii sabilillah, artinya berjuang di jalan Allah Swt. Dari pemahaman ini
bolehkah para santri menerima zakat?
Ada perbedaan pandangan di kalangan ulama’ mengenai hal ini, sebagaimana berikut
a. Menurut Jumhur Ulama': Santri tidak boleh menerima zakat kalau atas nama Fii sabilillah.
Sebagaimana telah dijelaskan dalam kitab Hasyi’ah al-Shawi
( وَفِىْ سَبِيْلِ اللهِ
أَيِّ الْقَائِمِيْنَ باِلْجِهَادِ مِمَّنْ لاَ فَيْءَ لَهُمْ وَلَوْ
اَغْنِيَاءَ ) وَ يَشْتَرِىْ مِنْهاَ أَلَتَهُ مِنْ سِلاَحٍ وَ دَرْعٍ وَ
فَرَسٍ
Dan (Zakat juga
diberikan) kepada orang-orang yang menegakkan agama Allah Swt. yakni
mereka yang melaksanakan perang di jalan Allah Swt. yaitu orang-orang
yang tidak mendapatkan harta fai' (rampasan perang) meskipun tergolong
kaya raya. Dan zakat itu digunakan untuk membeli peralatan perang,
seperti: persenjataan, perisai dan kuda
(Hasyiah al-Shawi’ Ala Tafsir al-Jalalain, hal. 53)
b. Menurut Imam Malik: Santri boleh menerima zakat
وَ مَذْهَبُ ماَلِكٍ أَنَّ
طَلَبَةَ الْعِلْمِ اَلْمُنْهَكِّيْنَ فِيْهِ لَهُمْ اَلْأَخْذُ مِنَ
الزَّكاَةِ وَلَوْ أَغْنِيَاءَ اِذَا اْنقَطَعَ حَقُّهُمْ مِنْ بَيْتِ
الْمَالِ, لِأَنَّهُمْ مُجَاهِدُوْنَ
Orang-orang yang
memprioritaskan seluruh waktunya untuk mencari ilmu, diperbolehkan
menerima zakat, meskipun mereka tergolong kaya raya. Dengan syarat
mereka sudah tidak mendapatkan jatah dari Baitul Maal. Karena
sesungguhnya mereka itu termasuk golongan para pejuang
(Hasyiah al-Shawi ‘Ala Tafsir Jalalain, hal. 53)
(HUKUM ZAKAT UNTUK MASJID DAN PESANTREN DAN MADRASAH)
Hukum harta zakat dialokasikan pada pembangunan masjid, pondok pesantren, sekolahan atau yang semacamnya:
a. Menurut mayoritas ulama’ tidak boleh memberikan kepada selain delapan golongan.
وَيَحْرُمُ عَلَى غَيْرِ مُسْتَحِقِّهَا اَخْذُهَا وَيَحْرُمُ اِعْطَاءُهَا لَهُ ( تنوير القلوب ص 227
b. Menurut sebagian
ulama’ ahli fiqih yang dikutip oleh Imam Qoffal, mengalokasikan harta
zakat untuk pembangunan masjid, pondok pesantren atau semacamnya,
hukumnya boleh karena arti fii sabilillah bersifat umum, yaitu hal-hal
yang mempunyai nilai kebaikan
وَنَقَلَ الْقَفَّالُ عَنْ
بَعْضِ الْفُقَهَاءِ أَنَّهُمْ أَجاَزُوْا صَرْفَ الصَّدَقاَتِ إِلَى
جَمِيْعِ وُجُوْهِ الْخَيْرِ : مِنْ تَكْفِيْنِ الْمَوْتىَ وَبِناَءِ
الْحُصُوْنِ وَعِمَارَةَ الْمَسْجِدِ لِأَنَّ قَوْلُهُ تَعاَلَى فِىْ
سَبِيْلِ اللهِ عاَمٌ فِى اْلكُلِّ
Menurut sebagian ulama’
ahli Fiqih yang dikutip oleh al-Qoffal bahwa sesungguhnya mereka itu
memperbolehkan pentasarufan zakat untuk semua bentuk kebaikan, seperti
untuk mengkafani mayit, membangun benteng dan memperbaiki masjid, karena
firman Allah Swt. Fii sabilillah itu umum bisa mencakup semuany
(Tafsir al-Munir, juz I, hal.344)
terimakasih keteranganya.jazakalloh waahlik
BalasHapusterimakasih keteranganya.jazakalloh waahlik
BalasHapus