Seorang imam panutan kaum muslimin, seorang imam besar madzhab dari 4
madzhab, seorang ulama salaf yang sangat agung, tidak luput menjadi
sorotan, hujatan dan cacian oleh wahabi-salafi si manhaj salaf palsu
atas nama jarh wa ta’dil.
Imam Abu Hanifah adalah seorang jahmi, penyembah berhala, paling
bahanya manusia bagi umat Islam (Di tulis oleh syaikh Muqbil bin Hadi
al-Wadi’i)
Dalam salah satu karya Muqbil bin Hadi yang berjudul Nasyru
ash-Shahifah fi dzikri ash-Shahih min aqwal aimmatil jarh wat ta’dil fi
Abi Hanifah (artinya : Membeberkan lembaran tentang menyebutkan
ucapan-ucapan sahih dari para imam jarh wa ta’dil terkait Abu Hanifah)
Sampul kitab :
Di kitab itu Muqbil bin Hadi menampilkan riwayat para imam yang mencaci imam Abu Hanifah, di antaranya :
Makna yang saya garis bawahi :
” Imam Abu Hanifah berkata : ” Seandainya seseorang menyembah sandal
ini untuk mendekatkan diri kepada Allah, maka aku berpendapat tidak
apa-apa “,
” Apakah Abu Hanifah seorang jahmi ? Abu Yusuf menjawab : iya, dia seorang jahmi “.
Dalam pandangan syaikh Muqbil, imam Abu Hanifah telah membolehkan
menyembah sandal untuk bertaqarrub kepada Allah, naudzu billahi min
dzaalikal kidzb…
Dan dalam pandangannya, imam Abu Hanifah seorang jahmi.
Dalam halaman lainnya, syaikh Muqbil menukil :
” Tidak ada seorang anak yang dilahirkan di Kufah yang lebih berbahaya bagi umat selain Abu Hanifah “.
Di halaman lain, Muqbil menukil :
” Abu Hanifah diminta bertaubat berulang-ulang karena ucapan zindiqnya”.
===============
Hebat, Muqbil lebih memilih riwayat-riwayat palsu yang menjelaskan
cacian para imam kepada imam Abu Hanifah ketimbang riwayat sahih dan
jelas yang memuji kepribadian imam Abu Hanifah.
al-Hafidz Abu Nu’aim berkata :
حدثنا محمد بن إبراهيم بن علي ، قال: سمعت حمزة بن علي البصري يقول:
سمعت الربيع يقول: سمعت الشافعي يقول:«الناس عيال على أبي حنيفة في الفقه».
وقال حرملة بن يحيى: سمعت محمد بن إدريسالشافعي يقول: «من أراد أن يتبحر
في الفقه، فهو عيال على أبي حنيفة». قال: و سمعته-يعني الشافعي- يقول: «كان
أبو حنيفة ممن وفق له الفقه
” Telah menceritakan padaku, Muhamamd bin Ibrahim bin Ali (Abu Bakar
al-Aththar, tsiqah), berkata : Aku mendengar Hamzah bin Ali al-Bashri
berkata : ” Aku telah mendengar Rabi’ berkata : Aku telah mendengar imam
Syafi’i berkata : ” Manusia butuh terhadap fiqih imam Abu Hanifah “.
Harmalah bin Yahya berkata : ” Aku mendengar imam Syafi’i berkata :
Barangsiapa yang ingin mendalami ilmu fiqih, maka ia butuh kepada imam
Abu Hanifah “. Ia berkata : ” Aku mendengar imam Syafi’i berkata : ”
Imam Abu Hanifah adalah orang yang termasuk diistimewakan dalam fiqih “.
Ad-Dzahabi berkata :
كلامأبي حنيفة في الفقه أدق من الشعر، لا يعيبه إلا جاهل
” Ucapan imam Abu Hanifah tentang fiqih lebih lembut dari gandum,
tidak mencelanya kecuali orang bodoh “. (Siyar a’laam an-Nubala : 6/404)
Al-Hafidz Ibnu Katsir :
الإمامأبو حنيفة… فقيه العراق، وأحد أئمة الإسلام، والسادة الأعلام،
وأحد أركانالعلماء، وأحد الأئمة الأربعة أصحاب المذاهب المتبوعة، وهو
أقدمهم وفاة
” Imam ABu Hanifah, seorang ahli fiqih Iraq, salah satu imam Islam,
pemimpin yang alim, salah satu rukun ulama, salahs atu imam madzhab yang
dikuti, dan paling dahulu wafatnya ” (Al-Bidayah : 10/110)
Sufyan Ats-Tsauri mengatakan :
كانأبو حنيفة أفقه أهل الأرض في زمانه
” Imam ABu Hanifah, seorang yang paling mengerti ilmu fiqih di muka bumi ini pada zamannya “. (al-Faqih wal mutfaqqih : 2/73)
Muhammad bin Muzahim berkata :
ابن المبارك أيضاً: «لولاأن الله أعانني بأبي حنيفة وسفيان، كنت كسائر الناس
” Ibnu Mubarak juga mengatakan :” Seandainya Allah tidak membantuku
dengan perantara Abu Hanifah dan Sufyan, maka aku sama seperti manusia
lainnya “.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar