Kata “istighotsah” استغاثة berasal dari “al-ghouts”الغوث yang berarti
pertolongan. Dalam tata bahasa Arab kalimat yang mengikuti pola (wazan)
"istaf’ala" استفعل atau "istif'al" menunjukkan arti pemintaan atau
pemohonan. Maka istighotsah berarti meminta pertolongan. Seperti kata
ghufron غفران yang berarti ampunan ketika diikutkan pola istif'al
menjadi istighfar استغفار yang berarti memohon ampunan.
Jadi istighotsah berarti "thalabul ghouts" طلب الغوث atau meminta
pertolongan. Para ulama membedakan antara istghotsah dengan "istianah"
استعانة, meskipun secara kebahasaan makna keduanya kurang lebih sama.
Karena isti'anah juga pola istif'al dari kata "al-aun" العون yang
berarti "thalabul aun" طلب العون yang juga berarti meminta pertolongan.
Istighotsah adalah meminta pertolongan ketika keadaan sukar dan sulit.
Sedangkan Isti'anah maknanya meminta pertolongan dengan arti yang lebih
luas dan umum.
Baik Istighotsah maupun Isti'anah terdapat di dalam nushushusy syari'ah atau teks-teks Al-Qur'an atau hadits Nabi Muhammad SAW. Dalam surat Al-Anfal ayat 9 disebutkan:
إِذْ تَسْتَغِيثُونَ رَبَّكُمْ فَاسْتَجَابَ لَكُمْ
"(Ingatlah wahai Muhammad), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu lalu Dia mengabulkan permohonanmu." (QS Al-Anfal:9)
Ayat ini menjelaskan peristiwa ketika Nabi Muhammad SAW memohon bantuan
dari Allah SWT, saat itu beliau berada di tengah berkecamuknya perang
badar dimana kekuatan musuh tiga kali lipat lebih besar dari pasukan
Islam. Kemudian Allah mengabulkan permohonan Nabi dengan memberi bantuan
pasukan tambahan berupa seribu pasukan malaikat.
Dalam surat Al-Ahqaf ayat 17 juga disebutkan;
وَهُمَا يَسْتَغِيثَانِ اللَّهَ
"Kedua orang tua memohon pertolongan kepada Allah." (QS Al-Ahqaf:17)
Yang dalam hal ini adalah memohon pertolongan Allah atas kedurhakaan
sang anak dan keengganannya meyakini hari kebangkitan, dan tidak ada
cara lain yang dapat ditempuh oleh keduanya untuk menyadarkan sang anak
kecuali memohon pertolongan dari Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu.
Dari kedua cuplikan ayat ini barangkali dapat disimpulkan bahwa
istighotsah adalah memohon pertolongan dari Allah SWT untuk terwujudnya
sebuah "keajaiban" atau sesuatu yang paling tidak dianggap tidak mudah
untuk diwujudkan.
Istighotsah sebenamya sama dengan berdoa akan tetapi bila disebutkan
kata istighotsah konotasinya lebih dari sekedar berdoa, karena yang
dimohon dalam istighotsah adalah bukan hal yang biasa biasa saja. Oleh
karena itu, istighotsah sering dilakukan secara kolektif dan biasanya
dimulai dengan wirid-wirid tertentu, terutama istighfar, sehingga Allah
SWT berkenan mengabulkan permohonan itu.
Istighotsah juga disebutkan dalam hadits Nabi,di antaranya :
إنَّ
الشَّمْسَ تَدْنُوْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حَتَّى يَبْلُغَ الْعَرَقُ نِصْفَ
الْأُذُنِ, فَبَيْنَمَا هُمْ كَذَلِكَ اسْتَغَاثُوْا بِآدَمَ ثُمَّ
بِمُوْسَى ثُمَّ بِمُحَمَّدٍ
Matahari akan mendekat ke kepala manusia di hari kiamat, sehingga
keringat sebagian orang keluar hingga mencapai separuh telinganya,
ketika mereka berada pada kondisi seperti itu mereka beristighotsah
(meminta pertolongan) kepada Nabi Adam, kemudian kepada Nabi Musa
kemudian kepada Nabi Muhammad. (H.R.al Bukhari).
Hadits ini juga merupakan dalil dibolehkannya meminta pertolongan kepada
selain Allah dengan keyakinan bahwa seorang nabi atau wali adalah
sebab. Terbukti ketika manusia di padang mahsyar terkena terik panasnya
sinar Matahari mereka meminta tolong kepada para Nabi. Kenapa mereka
tidak berdoa kepada Allah saja dan tidak perlu mendatangi para nabi
tersebut? Seandainya perbuatan ini adalah syirik niscaya mereka tidak
melakukan hal itu dan jelas tidak ada dalam ajaran Islam suatu perbuatan
yang dianggap syirik.
Sedangkan isti'anah terdapat di dalam Al-Qur'an, Allah SWT berfirman:
وَاسْتَعِينُواْ بِالصَّبْرِ وَالصَّلاَةِ
“Mintalah pertolongan dengan sabar dan shalat.” (QS Al-Baqarah: 45)
KH A. Nuril Huda
Ketua PP Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar