Asslamu'alaikum..
sahabat fk yang selalu dirahmati Allah.. ada 2 pertanyaan yang ingin ana tanyakan.
1 bolehkah kita ta'jiyah ke makam non muslim?
2 bolehkah kita mendo'akan orang non muslim?
Syukron katsiron atas penjelasannya..
sahabat fk yang selalu dirahmati Allah.. ada 2 pertanyaan yang ingin ana tanyakan.
1 bolehkah kita ta'jiyah ke makam non muslim?
2 bolehkah kita mendo'akan orang non muslim?
Syukron katsiron atas penjelasannya..
ziarah ke makam tokoh-tokoh sejarah
datangnya dakwah Islamiyah hukumnya diperbolehkan, bahkan hukumnya sunnah
meskipun ziarah ke kuburan orang-orang kafir, apabila dilakukan untuk
tadzakkuril maut (mengingat-ingat kematian)
Dasar pengambilan
Ihya ulumuddin juz 4 halaman 521
زيارة القبور مستحبة على الجملة للتذكر والاعتبار وزيارة قبور الصالحين مستحبة للترك مع الاعتبار وقد كان رسول الله صلى الله عليه وسلم نهى عن زيارة القبور ثم أذن فى ذلك بعد روى عن على رضى الله عنه عن رسول الله صلى الله عليه وسلم أنه قال: كنت نهيتكم عن زيارة القبور فزوروها فإنها تذكر الأخرة غير أن لا تقولوا هجرا وزار رسول الله صلى الله عليه وسلم قبرأمه فى الف مقنع فلم ير باكيا اكثر منه يومئذ وفى هذا اليوم قال اذن لى فى الزيارة دون الإستغفار.
Tafsir Munir Juz 1 halaman 475
ونقل عن السيوطى أن أبوى النبى صلى الله عليه وسلم لم تبلغها الدعوة والله تعالى يقول وما كنا معذبين حتى نبعث رسولا وحكم من لم تبلغه الدعوة أنه يموت ناحيا ولا يعذب ويدخل الجنة.
Aktivitas yang dilakukan adalah:
Tadzakkuril Maut (mengingat-ingat kematian)
Memintakan rahmat, pengampunan dan berdoa untuk mayit apabila bukan mayit kafir. namun bila mayit non muslim maka tdk boleh mendo'akannya...
Dasar pengambilan
Ihya ulumuddin juz 4 halaman 521
زيارة القبور مستحبة على الجملة للتذكر والاعتبار وزيارة قبور الصالحين مستحبة للترك مع الاعتبار وقد كان رسول الله صلى الله عليه وسلم نهى عن زيارة القبور ثم أذن فى ذلك بعد روى عن على رضى الله عنه عن رسول الله صلى الله عليه وسلم أنه قال: كنت نهيتكم عن زيارة القبور فزوروها فإنها تذكر الأخرة غير أن لا تقولوا هجرا وزار رسول الله صلى الله عليه وسلم قبرأمه فى الف مقنع فلم ير باكيا اكثر منه يومئذ وفى هذا اليوم قال اذن لى فى الزيارة دون الإستغفار.
Tafsir Munir Juz 1 halaman 475
ونقل عن السيوطى أن أبوى النبى صلى الله عليه وسلم لم تبلغها الدعوة والله تعالى يقول وما كنا معذبين حتى نبعث رسولا وحكم من لم تبلغه الدعوة أنه يموت ناحيا ولا يعذب ويدخل الجنة.
Aktivitas yang dilakukan adalah:
Tadzakkuril Maut (mengingat-ingat kematian)
Memintakan rahmat, pengampunan dan berdoa untuk mayit apabila bukan mayit kafir. namun bila mayit non muslim maka tdk boleh mendo'akannya...
Achmad Al-fandaniy
: Kalau mendoakan agar diberikan hidayah gimana kang.?
JAWAB : boleh, karena rosulpun mengajarkan
pada kita . ALLOHUMMAHDI QOUMI FA INNAHUM LAA YA'LAMUUN. jelas bahwa doa itu
agar alloh memberikan hidayah kepada kaum yang belum tau n belum dapat hidayah.
tapi namanya hidayah itu kan untuk yang masih hidup, sedangkan ini conteksnya
adalah kuburan, ta'ziyah. jadi g ada namanya orang mati didoakan agar dapat
hidayah
Mazz Rofii
Mazz Rofii
1.bolehkah kita takziyah ke makn
non muslim>boleh
, bahkan hukumnya sunnah meskipun ziarah ke kuburan orang-orang kafir, apabila dilakukan untuk tadzakkuril maut (mengingat-ingat kematian)
Dasar pengambilan
Ihya ulumuddin juz 4 halaman 521
زيارة القبور مستحبة على الجملة للتذكر والاعتبار وزيارة قبور الصالحين مستحبة للترك مع الاعتبار وقد كان رسول الله صلى الله عليه وسلم نهى عن زيارة القبور ثم أذن فى ذلك بعد روى عن على رضى الله عنه عن رسول الله صلى الله عليه وسلم أنه قال: كنت نهيتكم عن زيارة القبور فزوروها فإنها تذكر الأخرة غير أن لا تقولوا هجرا وزار رسول الله صلى الله عليه وسلم قبرأمه فى الف مقنع فلم ير باكيا اكثر منه يومئذ وفى هذا اليوم قال اذن لى فى الزيارة دون الإستغفار
hukum mendoakan non muslim dengn
memintakan ampun dosanya n dia sudah mati hukumnya HARAM , bahkan hukumnya sunnah meskipun ziarah ke kuburan orang-orang kafir, apabila dilakukan untuk tadzakkuril maut (mengingat-ingat kematian)
Dasar pengambilan
Ihya ulumuddin juz 4 halaman 521
زيارة القبور مستحبة على الجملة للتذكر والاعتبار وزيارة قبور الصالحين مستحبة للترك مع الاعتبار وقد كان رسول الله صلى الله عليه وسلم نهى عن زيارة القبور ثم أذن فى ذلك بعد روى عن على رضى الله عنه عن رسول الله صلى الله عليه وسلم أنه قال: كنت نهيتكم عن زيارة القبور فزوروها فإنها تذكر الأخرة غير أن لا تقولوا هجرا وزار رسول الله صلى الله عليه وسلم قبرأمه فى الف مقنع فلم ير باكيا اكثر منه يومئذ وفى هذا اليوم قال اذن لى فى الزيارة دون الإستغفار
( فَرْعٌ ) يَجُوزُ إجَابَةُ دُعَاءِ الْكَافِرِينَ ، وَيَجُوزُ الدُّعَاءُ لَهُ وَلَوْ بِالْمَغْفِرَةِ وَالرَّحْمَةِ ، خِلَافًا لِمَا فِي الْأَذْكَارِ إلَّا مَغْفِرَةَ ذَنْبِ الْكُفْرِ مَعَ مَوْتِهِ عَلَى الْكُفْرِ فَلَا يَجُوزُ .
“orang-orang Muslim boleh menjawab doanya orang-orang non-Muslim (kafir), dan boleh mendoakannya, walaupun doa memohon ampunan (maghfirah) dan kasih sayang (rahmat). Berbeda dengan keterangan dalam kitab al-Adzkaar kecuali mendoakan orang kafir dalam memintakan ampunan atas kekafirannya, sedangkan orang yang didoakan sudah mati dalam keadaan kafir, maka tidak diperbolehkan”.
Hasyiyah al-Qalyubi IV/270
( فَرْعٌ ) فِي اسْتِحْبَابِ الدُّعَاءِ لِلْكَافِرِ خِلَافٌ ا هـ .وَاعْتَمَدَ م ر الْجَوَازَ وَأَظُنُّ أَنَّهُ قَالَ لَا يَحْرُمُ الدُّعَاءُ لَهُ بِالْمَغْفِرَةِ إلَّا إذَا أَرَادَ الْمَغْفِرَةَ لَهُ مَعَ مَوْتِهِ عَلَى الْكُفْرِ وَسَيَأْتِي فِي الْجَنَائِزِ التَّصْرِيحُ بِتَحْرِيمِ الدُّعَاءِ لِلْكَافِرِ بِالْمَغْفِرَةِ نَعَمْ إنْ أَرَادَ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ إنْ أَسْلَمَ أَوْ أَرَادَ بِالدُّعَاءِ لَهُ بِالْمَغْفِرَةِ أَنْ يَحْصُلَ لَهُ سَبَبُهُ وَهُوَ الْإِسْلَامُ ثُمَّ هِيَ فَلَا يُتَّجَهُ إلَّا الْجَوَازُ ا هـ .سم عَلَى الْمَنْهَجِ وَيَنْبَغِي أَنَّ ذَلِكَ كُلَّهُ إذَا لَمْ يَكُنْ عَلَى وَجْهٍ يُشْعِرُ بِالتَّعْظِيمِ وَإِلَّا امْتَنَعَ خُصُوصًا إذَا قَوِيَتْ الْقَرِينَةُ عَلَى تَعْظِيمِهِ وَتَحْقِيرِ غَيْرِهِ كَأَنْ فَعَلَ فِعْلًا دَعَا لَهُ بِسَبَبِهِ وَلَمْ يَقُمْ بِهِ غَيْرُهُ مِنْ الْمُسْلِمِينَ فَأَشْعَرَ بِتَحْقِيرِ ذَلِكَ الْغَيْرِ ا هـ .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar