Kamis, 08 Agustus 2013

MALU


ان لكل دين خلقا وخلق الإسلام الحيائ
sesungguhnya setiap agama memiliki aturan moral dan moral dlm islam adalah malu,hr malik dan ibnu majah rowahul ibnu abbas.
الحياء من الاءيمان والإيمان فى الجنة والبذاء من الجفاء والجفاء فى النار
malu termasuk dari pada iman dan iman itu di dalam surga sedang sifat mencela itu merupakan kebencian dan kebencian itu di dalam neraka,hr malik dan ibnu majah dari riwayat abbas.
agama islam ini datang untuk mengajak manusia kpd keutamaan , serta membawa mereka untuk salin mencinta dan berkasih sayang , sebab agama islam ini membangkitkan segenap perasaan manusia serta memberikan sinar cahaya ke dlm akal pikiranya dgn itu mereka senantiasa mengingat Allah swt penciptanya dlm segala gerak dan urusanya sehingga mereka senantiasa baik , menempuh kehidupan ini di atas jalan yg lurus dan terhormat senantiasa di naungi oleh bendera keimanan dan di liputi lindungan Allah , semuanya buah maralitas akhlak dlm agama islam .
di antara keutamaan2 yg paling besar dan paling kuat pengaruhnya dlm sikap hidup seseorang muslim adalah sipat malu karna sifat ini membuahkan perilaku terbaik bagi pemiliknya dan menimbulkan sikap yg dapat mengatasi perbuatan2 yg tercela , moral inilah yg membawa pemiliknxa kpd ketakwaan ketaatan , kepatuhan, dan keteguhan . ia tak akan melanggar perintah2 dan aturan2 Allah , ia akan membenci sikap ingkar fasik dan durhaka karna itu malu adalah kebaikan seluruhnya, puncak dr segala keutamaan dan pasangan setia iman .
الحياء لاياتى إلابخير
malu tidak datang melainkan akan membawa kebaikan.hr bukhori wal muslim
الإيمان بضع وسبعون أوبضع وستون شعبة فأ فضلها قول لاإله إلاالله وأدناها اماطة الاذى عن الطريق والحياء شعبة من الإيمان
Iman itu mempunyai tujuh puluh lebih atau enam puluh lebih cabang iman yg paling utama ialah membaca LAA ILAAHA ILLALLAAH dan yg paling rendah adalah membersihkan duri dari jalan dan MALU itu termasuk salah satu dari cabang iman .HR BUKHORI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar