HUKUM KHUTBAH SELAIN BAHASA ARAB
Khutbah merupakan rukun shalat jum’at yang dilakukan dengan tujuan
untuk mengajak kepada para jama’ah untuk selalu meningkatkan keimanan
dan ketaqwaan kepada Allah Swt. sehingga perlu adanya pemahaman pada
para jama’ah tentang isi yang akan disampaikan. Bagaimanakah
menerjemahkan khutbah dengan bahasa Indonesia selain rukun khutbah
tersebut?
Dalam hal ini terjadi perbedaan pandangan
1 Sebagian ulama’ memandang khutbah jum’at yang disampaikan dengan
bahasa Indonesia (selain bahasa Arab) dianggap tidak mencukupi
keabsahannya karena dinilai sebagai laghwun bahkan dianggap memutus
rukun-rukun khutbah.
2 Ulama’ Syafi’iyah sepakat bahwa diperbolehkan menerjemahkan selain
rukun khutbah, asal tetap pada prinsip mengajak kepada kebaikan dan
tidak keluar dari tujuan khutbah
Referensi
al-Bujairimi, juz I, hal.389.
لَوْ كاَنَ مَا بَيْنَ أَرْكاَنِهِمَا بِغَيْرِ الْعَرَبِيَّةِ لَمْ
يَضُرْ قاَلَ م ر مَحَلُهُ ماَ إِذَا لَمْ يُطِلْ الفَصْلُ بِغَيْرِ
الْعَرَبِيَةِ وَإِلاَّ ضَرَّ لِإِخْلاَلِهِ بِالْمُوَالاَةِ كَالسُّكُوْتِ
بَيْنَ اْلأَرْكاَنِ إِذَا طََالَ بِجَامِعٍ أَنَّ غَيْرَ الْعَرَبِيِّ
لَغْوٌ لاَ يُحْسَبُ لِأَنَّ غَيْرَ الْعَرَبِيِّ لاَ يُجْزِىءُ مَعَ
الْقُدْرَةِ عَلَى الْعَرَبِيِّ فَهُوَ لَغْوٌ سم وَالْقِياَسُ عَدَمُ
الضَّرَرِ مُطْلَقًا وَيُفْرَقُ بَيْنَهُ وَبَيْنَ السُّكُوْتِ بِأَنَّ فِي
السُّكُوْتِ إِعْرَاضًا عَنِ الْخُطْبَةِ بِالْكُلِّيَةِ بِخِلاَفِ غَيْرِ
الْعَرَبِيِّ فَإِنَّ فِيْهِ وَعْظًا فِي الْجُمْلَةِ فَلاَ يَخْرُجُ
بِذَلِكَ عَنْ كَوْنِهِ مِنَ الْخُطْبَةِ ع ش
Yakni seandainya antara rukun-rukun khutbah memggunakan selain bahasa
Arab boleh saja, (Imam Ramli berpendapat) selama pemisahan dengan
selain bahasa Arab itu tidak panjang. Jika pemisahan tersebut panjang
maka tidak boleh karena dapat merusak ketersambungan khutbah sama
seperti diam dalam waktu yang lama di antara rukun-rukunnya.
Sesungguhnya khutbah selain bahasa Arab itu dianggap gurauan yang tidak
punya nilai, karena khutbah dengan selain bahasa Arab tidak mencukupi
selama ia (khotib) mampu berbahasa Arab. Menurut hukum qiyas penggunaan
selain bahasa arab itu diperkenankan secara mutlak, dan perbedaan
khutbah selain bahasa arab dengan diam adalah sesungguhnya dalam diam
itu menunjukkan berpaling dari khutbah secara keseluruhan, sedangkan
khutbah selain bahasa arab mengandung nasehat maka tidak keluar dari
pengertiannya sebagai khutbah.
Menurut Madzhab Hanafi
Diperbolehkan khotbah tanpa bahasa Arab meskipun mampu berbahasa Arab.
Sama saja baik bagi orang Arab maupun selain orang Arab
Menurut Madzhab Hambali Tidak syah khotbah tanpa bahasa Arab jika
mampu berbahasa arab. Maka jika tidak mampu menggunakan bahasa Arab,
boleh dengan tanpa bahasa Arab dan menggunakan bahasa yang dia kuasai.
Sama saja baik bagi orang Arab maupun selain orang Arab. Akan tetapi
ayat-ayat yang merupakan rukun dari beberapa rukun khotbah tak boleh
diucapkan dengan selain bahasa Arab. maka mendatangkan dia pada
pengganti ayat dengan peringatan/nasehat yang menghendaki dia dengan
bahasa Arab, maka jika tidak mampu juga, khotib harus diam kira-kira
sepanjang ayat
Menurut Madzhab Syafi’i Disyaratkan jika ada khotbah dalam bahasa
Arab, maka tidak cukup tanpa bahasa Arab selagi bisa mempelajari bahasa
Arab. Maka jika tidak sempat belajar bahasa Arab maka khotbah dengan
selain bahasa Arab. Ini berlaku pada orang Arab. Adapun orang selain
Arab maka tidak disyaratkan/mutlak pada kedua khotbah dengan bahasa
Arab, meskipun sempat belajar bahasa Arab, tetapi ayat-ayat harus
diucapkan berbahasa Arab. Kecuali jika tidak mampu mengucapkan dengan
bahasa Arab maka mengganti dia pada ayat dengan peringatan/nasehat
atau ajakan yang menghendaki dia dengan bahasa Arab. Maka jika tidak
mampu juga, maka dia harus berhenti (diam) kira-kita sepanjang ayat. Dan
jangan diterjemahkan
Menurut Madzhab Maliki Disyaratkan dalam khotbah dengan bahasa Arab
meskipun orang selain orang Arab yang tidak mengerti bahasa Arab. Maka
jika tidak dijumpai dikalangan mereka orang khotbah berbahasa Arab
dengan baik maka rusak jumatan tersebut.
Referensi
الفقه على المذاهب الأربعة ج ١ ص ٦٠٨ مكتبة الشاملة
أن تكونا بالعربية على تفصيل في المذاهب . فانظره تحت الخط
الحنفية قالوا : تجوز الخطبة بغير العربية ولو لقادر عليها سواء كان القوم عربا أو غيرهم
الحنابلة قالوا : لا تصح الخطبة بغير العربية إن كان قادرا عليها فإن
عجز عن الإتيان بها أتى بغيرها مما يسحنه سواء كان القوم عربا أو غيرهم لكن
الآية التي هي ركن من أركان الخطبتين لا يجوز له أن ينطق بها بغير العربية
فيأتي بدلها بأي ذكر شاء بالعربية فإن عجز سكت بقدر قراءة الآية
الشافعية قالوا : يشترط أن تكون أركان الخطبتين باللغة العربية فلا يكفي
غير العربية متى أمكن تعلمها فإن لم يمكن خطب بغيرها هذا إذا كان القوم
عربا أما إن كانوا عجما فإنه لا يشترط أداء أركانهما بالعربية مطلقا ولو
أمكنه تعلمها ما عدا الآية فإنه لا بد أن ينطق بها بالعربية : إلا إذا عجز
عن ذلك فإنه يأتي بدلها بذكر أو دعاء عربي فإن عجز عن هذا أيضا فعليه أن
يقف بقدر قراءة الآية ولا يترجم وأما غير أركان الخطبة فلا يشترط لها
العربية بل ذلك سنة
المالكية قالوا : يشترط في الخطبة أن تكون باللغة العربية ولو كان القوم
عجما لا يعرفونها فإن لم يوجد فيهم من يحسن اللغة العربية بحيث يؤدي
الخطبة بها سقطت عنهم الجمعة
Alhamdulillah. Ketemu juga disini
BalasHapusTerimakasih.
Www.zonaislam.net