Kamis, 10 Juli 2014

Pengertian Zakat / TUJUAN ZAKAT/PEMBAGIAN ZAKAT/Zakat Fitrah/

Pengertian Zakat
Zakat adalah mengeluarkan sebagian harta untuk diberikan pada yang berhak
menerima zakat. Dalam literatur fiqih pada bab zakat para ulama’ madzhab
sepakat bahwa golongan orang-orang yang berhak menerima zakat ada delapan,
antara lain:
1. Fakir, yaitu orang yang selalu tidak mampu memenuhi kebutuhan makan dalam
sehari.
2. Miskin, yaitu orang yang kurang bisa memenuhi kebutuhan, tetapi masih bisa
mengusahakan.
3. Amil, yaitu orang yang diberi tugas untuk mengelola zakat.
4. Muallaf, yaitu orang yang baru masuk Islam.
5. Budak, yang melakukan penebusan dirinya untuk merdeka.
6. Ghorim, yaitu orang yang terbebani banyak hutang melebihi jumlah hartanya.
7. Sabilillah, yaitu orang yang berperang di jalan Allah, meskipun kaya.
8. Ibnu Sabil, yaitu orang yang kehabisan bekal selama dalam perjalanan dengan
tujuan baik  Hal ini diterangkan dalam kitab (Tanwir al-Qulub halaman 226).

TUJUAN ZAKAT
Zakat disamping sebagai rukun Islam yang ke tiga juga merupakan ibadah malliyah
(yang berhubungan dengan harta)Serta dapat dijadikan sebagai jalan seorang
hamba untuk mendekatkan dirinya kepada sang khalik. Sebagaimana dijelaskan
dalam kitab Fiqih Wadlhih
ﺍَﻟﺰَّﻛﺎَﺓُ ﻋِﺒﺎَﺩَﺓٌ ﻣَﺎﻟِﻴَﺔٌ ﻳَﺘَﻘَﺮُّﺑُﻬَﺎ ﺍْﻟﻌَﺒْﺪُ ﺍِﻟﻰَ ﺧﺎَﻟِﻘِﻪِ ﻋَﺰَّ ﻭَﺟَﻞَّ ﻓَﺈِﺫَﺍ ﺍَﺩَﺍﻫَﺎ ﻛﺎَﻣِﻠَﺔً ﻋَﻠَﻰ ﻭَﺟْﻬِﻬَﺎ ﺍﻟﺼَّﺤِﻴْﺢُ ﺭَﺍﺿِﻴَﺔً ﺑِﻬَﺎ ﻧَﻔْﺴُﻬَﺎ ﻣُﺒْﺘَﻐِﻴًّﺎ ﺑِﻬَﺎ
ﻭَﺟْﻪَ ﺭَﺑِّﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ ﻏَﻴْﺮَ ﻣُﺮَﺍﺀٍ ﺑِﻬَﺎ ﺍﻟﻨَّﺎﺱَ ﻛﺎَﻥَ ﺳَﺒَﺒﺎً ﻓِﻰ ﻧَﺠَﺎﺗِﻪِ ﻣِﻦْ ﻋَﺬَﺍﺏِ ﺍﻟﻨَّﺎﺭِ ﻭَﺩُﺧُﻮْﻟِﻪِ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔَ ﻛَﻤﺎَ ﺻَﺮَﺣَﺖْ ﺑِﻬَﺎ ﺍْﻻَﻳَﺎﺕُ ﺍْﻟﻘُﺮْﺍَﻧِﻴَّﺔُ
ﻭَﺍْﻻَﺣﺎَﺩِﻳْﺚُ ﺍﻟﻨَّﺒَﻮِﻳَّﺔُ
Zakat merupakan ibadah malliyah yang dapat dijadikan oleh seorang hamba untuk
mendekatkan diri kepada sang khalik azza wajalla. Jika seorang hamba
menunaikannya dengan sempurna, sesuai dengan aturan yang benar, ikhlas dan
hanya mencari ridla Allah Swt., tidak ada maksud ingin dipuji orang, maka akan
menjadi sebab terbebasnya dari adzab api neraka, dan masuk ke dalam surga,
sebagaimana telah ditegaskan ayat al-Qur'an dan hadits Nabi
(Al-Fiqih al-Wadlhih Min al-Kitab Waa al-Sunnah , juz 1/464)

PEBAGIAN ZAKAT
Zakat ada dua macam:
1. Zakat mal (zakat harta)
2. Zakat fitrah
Jenis barang yang wajib dikeluarkan zakatnya ada 5 macam:
1. Hewan ternak, seperti kambing, sapi, unta
2. Emas dan perak
3. Hasil pertanian, seperti padi, kedelai, kacang dan lain lain
4. Hasil pertanian, Seperti jenis buah-buahan
5. Harta yang diperdagangkan.

Zakat Fitrah
Syarat wajib zakat fitrah:
1. Islam.
2. Merdeka.
3. Memiliki kelebihan biaya untuk dirinya beserta keluarganya dan dari biaya
pembayaran hutang, diwaktu hari raya.
Dalam kitab Nihayah al-Zain halaman 173
( ﻭَﺗَﺠِﺐُ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮَﺓُ ﻋَﻠَﻰ ﺣُﺮٍّ ﺑِﻐُﺮُﻭْﺏِ ﻟَﻴْﻠَﺔِ ﻓِﻄْﺮٍ ﻋَﻤَّﻦْ ﺗَﻠْﺰَﻣُﻪُ ﻧَﻔَﻘَﺘُﻪُ ﻭَﻟَﻮْ ﺭَﺟْﻌِﻴَّﺔً ﺇِﻥْ ﻓَﻀَﻞَ ﻋَﻦْ ﻗُﻮْﺕِ ﻣَﻤُﻮْﻥٍ ‏) ﻟَﻪُ ‏( ﻳَﻮْﻡَ ﻋِﻴْﺪٍ ﻭَﻟَﻴْﻠَﺘِﻪِ
ﻭَﻋَﻦْ ﺩَﻳْﻦٍ ‏) ﻛَﻤَﺎ ﺍﻋْﺘَﻤَﺪَﻩُ ﺍِﺑْﻦُ ﺣَﺠَﺮٍ ﺗَﺒَﻌًﺎ ﻟِﻠْﻤَﺎﻭَﺭْﺩِﻱِّ ﻛَﻘَﻮْﻝِ ﺇِﻣَﺎﻡِ ﺍﻟْﺤَﺮَﻣَﻴْﻦِ ﺩَﻳْﻦُ ﺍْﻵﺩَﻣِﻲْ ﻳَﻤْﻨَﻊُ ﻭُﺟُﻮْﺏَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮَﺓِ ﺑِﺎﻟْﺎِﺗِّﻔَﺎﻕِ ‏( ﻭَﻣَﺎ
ﻳُﺨْﺮِﺟُﻪُ ﻓِﻴْﻬَﺎ ‏) ﺃَﻱْ ﺍَﻟْﻔِﻄْﺮَﺓِ . ﻧﻬﺎﻳﺔ ﺍﻟﺰﻳﻦ ﺹ 173
Adapun barang yang digunakan untuk berzakat adalah berupa makanan pokok di
daerah masing-masing, misalnya beras, gandum, sagu dan lain sebagainya. Ukuran
barang yang dikeluarkan untuk zakat fitrah adalah 1 sha’ (4 mud) atau 2,5 kg atau
lebih.
( ﻭَﻫِﻲَ ‏) ﺍَﻯْ ﺯَﻛﺎَﺓُ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ‏( ﺻَﺎﻉً ‏) ﻭَﻫُﻮَ ﺃَﺭْﺑَﻌَﺔُ ﺃَﻣْﺪَﺍﺩٍ ﻭَﺍﻟْﻤُﺪُّ ﺭِﻃْﻞٌ ﻭَﺛُﻠُﺚٌ ﻓَﻼَ ﺗُﺠْﺰِﺉُ ﻣِﻦْ ﻏَﻴْﺮِ ﻏﺎَﻟِﺐِ ﻗُﻮَّﺗِﻪِ ﺃَﻭْ ﻗُﻮَّﺕٍ ﻣُﺆَﺩٍّ ﺃَﻭْ ﺑَﻠَﺪِﻩِ
ﻟِﺘَﺸَﻮُّﻑِ ﺍﻟﻨُّﻔُﻮْﺱِ ﻟِﺬَﻟِﻚَ ‏( ﻓﺘﺢ ﺍﻟﻤﻌﻴﻦ : 50 ‏)
ﺗُﺠِﺐُ ﺯَﻛﺎَﺓُ ﺍْﻟﻔِﻄْﺮِ ﺑِﻐُﺮُﻭْﺏِ ﺍﻟﺸَّﻤْﺲِ ﻟَﻴْﻠَﺔَ ﺍْﻟﻌِﻴْﺪِ ﻋَﻠَﻰ ﻣَﻦْ ﻣَﻠَﻚَ ﺻَﺎﻋًﺎ - ﻭَﻫُﻮَ ﺃَﺭْﺑَﻌَﺔُ ﺃَﻣْﺪَﺍﺩٍ ﻭَﺍﻟْﻤُﺪُّ ﺭِﻃْﻞٌ ﻭَﺛُﻠُﺚٌ ‏( ﺍﻟﺘﺬﻛﺮﺓ ﺍﻟﺒﺎﺏ
ﻓﺼﻞ ﺯﻛﺎﺓ ﺍﻟﻔﻄﺮ ﺍﻟﺠﻮﺀ 1 ﺹ 73
PENGERTIAN SABILILLAH DALAM ZAKAT
Termasuk al-Ashnaf al-Tsamaniyah (delapan golongan yang berhak menerima
zakat) yang disebutkan dalam al-Qur’an adalah golongan Fii sabilillah. Apakah
yang dimaksud Fii sabilillah dalam ayat itu?
Mengenahi permasalahan ini ada beberapa pandangan;

a. Mereka yang berperang membela agama Allah
ﻭَﻓِﻰْ ﺳَﺒِﻴْﻞِ ﺍﻟﻠﻪِ ‏) ﺃَﻱْ ﺍَﻟْﻘَﺎﺋِﻤِﻴْﻦَ ﺑﺎِﻟْﺠِﻬَﺎﺩِ ﻣِﻤَّﻦْ ﻻَ ﻓَﻲْﺀَ ﻟَﻬُﻢْ ﻭَﻟَﻮْ ﺃَﻏْﻨِﻴَﺎﺀَ
Fisabilillah artinya adalah orang-orang yang melaksanakan jihad/berperang
(peperangan membela agama Allah. Yakni orang-orang yang tidak mendapatkan
harta fai(harta yang diperoleh dari rampasan perang) meskipun tergolong kaya-
raya. (Tafsir al-Jalalain hal.162)
ﻭَﻧَﻘَﻞَ ﺍﻟْﻘَﻔَّﺎﻝُ ﻋَﻦْ ﺑَﻌْﺾِ ﺍﻟْﻔُﻘَﻬَﺎﺀِ ﺃَﻧَّﻬُﻢْ ﺃَﺟﺎَﺯُﻭْﺍ ﺻَﺮْﻑَ ﺍﻟﺼَّﺪَﻗﺎَﺕِ ﺇِﻟَﻰ ﺟَﻤِﻴْﻊِ ﻭُﺟُﻮْﻩِ ﺍﻟْﺨَﻴْﺮِ : ﻣِﻦْ ﺗَﻜْﻔِﻴْﻦِ ﺍﻟْﻤَﻮْﺗﻰَ ﻭَﺑِﻨﺎَﺀِ ﺍﻟْﺤُﺼُﻮْﻥِ
ﻭَﻋِﻤَﺎﺭَﺓَ ﺍﻟْﻤَﺴْﺠِﺪِ ﻟِﺄَﻥَّ ﻗَﻮْﻟُﻪُ ﺗَﻌﺎَﻟَﻰ ﻓِﻰْ ﺳَﺒِﻴْﻞِ ﺍﻟﻠﻪِ ﻋﺎَﻡٌ ﻓِﻰ ﺍْﻟﻜُﻞِّ. ‏(ﺗﻔﺴﻴﺮ ﺍﻟﻤﻨﻴﺮ : ﺝ 1 ﺹ 344
Menurut sebagian ulama’ ahli Fiqih yang dikutip oleh al-Qoffal bahwa
sesungguhnya mereka itu memperbolehkan pentasarufan zakat untuk semua bentuk
kebaikan, seperti untuk mengkafani mayit, membangun benteng dan memperbaiki
masjid, karena firman Allah Swt. Fii sabilillah itu umum bisa mencakup semuany
(Tafsir al-Munir, juz I, hal.344)

ZAKAT FITRA UNTUK GURU NGAJI ( PAK KIYAI)
Tradisi di kampung biasanya zakat masyarakat sekitar diberikan kepada kyai dan
guru ngaji. Bagaimana hukumnya?

Sebagaimana dijelaskan bahwa yang berhak menerima zakat hanya terbatas pada
delapan golongan saja, sementara yang lain tidak boleh menerimanya. Dalam hal
ini terdapat perincian:
a. Tidak boleh menerima zakat apabila tergolong orang yang mampu.

b. Boleh menerima zakat bagi guru ngaji yang tidak mampu dikarenakan waktunya
dihabiskan untuk mengajarkan ilmunya, sebagaimana diterangkan dalam kitab
I’anah al-Thalibin, juz II, hal. 189.
ﻭَﺍﻋْﻠَﻢْ ‏) ﺃَﻥَّ ﻣﺎَ ﻻَ ﻳَﻤْﻨَﻊُ ﺍْﻟﻔَﻘْﺮَ ﻣِﻤَّﺎ ﺗَﻘَﺪَّﻡَ ﻻَ ﻳَﻤْﻨَﻊُ ﺍﻟْﻤِﺴْﻜِﻨَﺔَ ﺃَﻳْﻀﺎً ﻛَﻤَﺎ ﻣَﺮَّ ﺍَﻟﺘَّﻨْﺒِﻴْﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﻣِﻤَّﺎ ﻻَ ﻳَﻤْﻨَﻌُﻬُﻤَﺎ ﺃَﻳْﻀﺎً ﺍِﺷْﺘِﻐﺎَﻟُﻪُ ﻋَﻦْ
ﻛَﺴْﺐٍ ﻳَﺤْﺴِﻨُﻪُ ﺑِﺤِﻔْﻆِ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥِ ﺃَﻭْ ﺑِﺎﻟْﻔِﻘْﻪِ ﺃَﻭْ ﺑِﺎﻟﺘَّﻔْﺴِﻴْﺮِ ﺃَﻭِ ﺍﻟْﺤَﺪِﻳْﺚِ ﺃَﻭْ ﻣﺎَ ﻛﺎَﻥَ ﺁﻟَﺔٌ ﻟِﺬَﻟِﻚَ ﻭَﻛﺎَﻥَ ﻳُﺘَﺄَﺗَّﻰ ﻣِﻨْﻪُ ﺫَﻟِﻚَ ﻓَﻴُﻌْﻄَﻰ ﻟِﻴَﺘَﻔَﺮَّﻍَ
ﻟِﺘَﺤْﺼِﻴْﻠِﻪِ ﻟِﻌُﻤُﻮْﻡِ ﻧَﻔْﻌِﻪِ ﻭَﺗَﻌْﺪِﻳْﻪِ ﻭَﻛَﻮْﻧِﻪِ ﻓَﺮْﺽُ ﻛِﻔَﺎﻳَﺔٍ
Termasuk sesuatu yang tidak mencegah keduanya (status fakir dan miskin) adalah
seseorang yang meninggalkan pekerjaan yang dapat memperbaiki ekonominya
karena waktunya hanya tersita untuk menghafal al-Qur’an, memperdalam ilmu
fiqih, tafsir atau hadits, atau ia sibuk melaksanakan sesuatu yang menjadi wasilah
tercapainya ilmu tersebut. Maka orang-orang tersebut dapat diberi zakat, agar
mereka dapat melaksanakan usahanya itu secara optimal. Sebab manfaatnya akan
dirasakan serta mengena kepada masyarakat umum, disamping itu perbuatan itu
juga merupakan fardhu kifayah
(I'anah al-Thalibin, juz II, hal. 189)

c. Boleh menerima zakat meskipun kaya raya, karena guru ngaji atau kyai adalah
termasuk orang yang berjuang di jalan kebaikan, maka termasuk kriteria Fii
sabilillah, sebagaimana pendapat sebagian ulam' FiqH
ﻭَﻧَﻘَﻞَ ﺍﻟْﻘَﻔَّﺎﻝُ ﻋَﻦْ ﺑَﻌْﺾِ ﺍﻟْﻔُﻘَﻬَﺎﺀِ ﺃَﻧَّﻬُﻢْ ﺃَﺟﺎَﺯُﻭْﺍ ﺻَﺮْﻑَ ﺍﻟﺼَّﺪَﻗﺎَﺕِ ﺇِﻟَﻰ ﺟَﻤِﻴْﻊِ ﻭُﺟُﻮْﻩِ ﺍﻟْﺨَﻴْﺮِ : ﻣِﻦْ ﺗَﻜْﻔِﻴْﻦِ ﺍﻟْﻤَﻮْﺗﻰَ ﻭَﺑِﻨﺎَﺀِ ﺍﻟْﺤُﺼُﻮْﻥِ
ﻭَﻋِﻤَﺎﺭَﺓَ ﺍﻟْﻤَﺴْﺠِﺪِ ﻟِﺄَﻥَّ ﻗَﻮْﻟُﻪُ ﺗَﻌﺎَﻟَﻰ ﻓِﻰْ ﺳَﺒِﻴْﻞِ ﺍﻟﻠﻪِ ﻋﺎَﻡٌ ﻓِﻰ ﺍْﻟﻜُﻞِّ
Menurut sebagian ulama’ ahli Fiqih yang dikutip oleh al-Qoffal bahwa
sesungguhnya mereka itu memperbolehkan pentasarufan zakat untuk semua bentuk
kebaikan, seperti untuk mengkafani mayit, membangun benteng dan memperbaiki
masjid, karena firman Allah Swt. Fii sabilillah itu umum bisa mencakup semuany
(Tafsir al-Munir, juz I, hal.344)

ZAKAT DIBERIKAN KEPADA SANTRI
Golongan yang berhak menerima harta zakat sebanyak delapan macam golongan
diantaranya adalah fii sabilillah, artinya berjuang di jalan Allah Swt. Dari
pemahaman ini bolehkah para santri menerima zakat?

Ada perbedaan pandangan di kalangan ulama’ mengenai hal ini, sebagaimana
berikut

a. Menurut Jumhur Ulama': Santri tidak boleh menerima zakat kalau atas nama Fii
sabilillah.
Sebagaimana telah dijelaskan dalam kitab Hasyi’ah al-Shawi
( ﻭَﻓِﻰْ ﺳَﺒِﻴْﻞِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺃَﻱِّ ﺍﻟْﻘَﺎﺋِﻤِﻴْﻦَ ﺑﺎِﻟْﺠِﻬَﺎﺩِ ﻣِﻤَّﻦْ ﻻَ ﻓَﻲْﺀَ ﻟَﻬُﻢْ ﻭَﻟَﻮْ ﺍَﻏْﻨِﻴَﺎﺀَ ‏) ﻭَ ﻳَﺸْﺘَﺮِﻯْ ﻣِﻨْﻬﺎَ ﺃَﻟَﺘَﻪُ ﻣِﻦْ ﺳِﻼَﺡٍ ﻭَ ﺩَﺭْﻉٍ ﻭَ ﻓَﺮَﺱٍ
Dan (Zakat juga diberikan) kepada orang-orang yang menegakkan agama Allah
Swt. yakni mereka yang melaksanakan perang di jalan Allah Swt. yaitu orang-
orang yang tidak mendapatkan harta fai' (rampasan perang) meskipun tergolong
kaya raya. Dan zakat itu digunakan untuk membeli peralatan perang, seperti:
persenjataan, perisai dan kuda
(Hasyiah al-Shawi’ Ala Tafsir al-Jalalain, hal. 53)

b. Menurut Imam Malik: Santri boleh menerima zakat
ﻭَ ﻣَﺬْﻫَﺐُ ﻣﺎَﻟِﻚٍ ﺃَﻥَّ ﻃَﻠَﺒَﺔَ ﺍﻟْﻌِﻠْﻢِ ﺍَﻟْﻤُﻨْﻬَﻜِّﻴْﻦَ ﻓِﻴْﻪِ ﻟَﻬُﻢْ ﺍَﻟْﺄَﺧْﺬُ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺰَّﻛﺎَﺓِ ﻭَﻟَﻮْ ﺃَﻏْﻨِﻴَﺎﺀَ ﺍِﺫَﺍ ﺍْﻧﻘَﻄَﻊَ ﺣَﻘُّﻬُﻢْ ﻣِﻦْ ﺑَﻴْﺖِ ﺍﻟْﻤَﺎﻝِ , ﻟِﺄَﻧَّﻬُﻢْ
ﻣُﺠَﺎﻫِﺪُﻭْﻥَ
Orang-orang yang memprioritaskan seluruh waktunya untuk mencari ilmu,
diperbolehkan menerima zakat, meskipun mereka tergolong kaya raya. Dengan
syarat mereka sudah tidak mendapatkan jatah dari Baitul Maal. Karena
sesungguhnya mereka itu termasuk golongan para pejuang
(Hasyiah al-Shawi ‘Ala Tafsir Jalalain, hal. 53)
(HUKUM ZAKAT UNTUK MASJID DAN PESANTREN DAN MADRASAH)
Hukum harta zakat dialokasikan pada pembangunan masjid, pondok pesantren,
sekolahan atau yang semacamnya:

a. Menurut mayoritas ulama’ tidak boleh memberikan kepada selain delapan
golongan.
ﻭَﻳَﺤْﺮُﻡُ ﻋَﻠَﻰ ﻏَﻴْﺮِ ﻣُﺴْﺘَﺤِﻘِّﻬَﺎ ﺍَﺧْﺬُﻫَﺎ ﻭَﻳَﺤْﺮُﻡُ ﺍِﻋْﻄَﺎﺀُﻫَﺎ ﻟَﻪُ ‏( ﺗﻨﻮﻳﺮ ﺍﻟﻘﻠﻮﺏ ﺹ 227
b. Menurut sebagian ulama’ ahli fiqih yang dikutip oleh Imam Qoffal,
mengalokasikan harta zakat untuk pembangunan masjid, pondok pesantren atau
semacamnya, hukumnya boleh karena arti fii sabilillah bersifat umum, yaitu hal-hal
yang mempunyai nilai kebaikan
ﻭَﻧَﻘَﻞَ ﺍﻟْﻘَﻔَّﺎﻝُ ﻋَﻦْ ﺑَﻌْﺾِ ﺍﻟْﻔُﻘَﻬَﺎﺀِ ﺃَﻧَّﻬُﻢْ ﺃَﺟﺎَﺯُﻭْﺍ ﺻَﺮْﻑَ ﺍﻟﺼَّﺪَﻗﺎَﺕِ ﺇِﻟَﻰ ﺟَﻤِﻴْﻊِ ﻭُﺟُﻮْﻩِ ﺍﻟْﺨَﻴْﺮِ : ﻣِﻦْ ﺗَﻜْﻔِﻴْﻦِ ﺍﻟْﻤَﻮْﺗﻰَ ﻭَﺑِﻨﺎَﺀِ ﺍﻟْﺤُﺼُﻮْﻥِ
ﻭَﻋِﻤَﺎﺭَﺓَ ﺍﻟْﻤَﺴْﺠِﺪِ ﻟِﺄَﻥَّ ﻗَﻮْﻟُﻪُ ﺗَﻌﺎَﻟَﻰ ﻓِﻰْ ﺳَﺒِﻴْﻞِ ﺍﻟﻠﻪِ ﻋﺎَﻡٌ ﻓِﻰ ﺍْﻟﻜُﻞِّ
Menurut sebagian ulama’ ahli Fiqih yang dikutip oleh al-Qoffal bahwa
sesungguhnya mereka itu memperbolehkan pentasarufan zakat untuk semua bentuk
kebaikan, seperti untuk mengkafani mayit, membangun benteng dan memperbaiki
masjid, karena firman Allah Swt. Fii sabilillah itu umum bisa mencakup semuany
(Tafsir al-Munir, juz I, hal.344)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar