Sabtu, 14 Februari 2015

Aqidah Imam As Syatibi pengarang kitab Al i"tishom

IMam syathibi pegangan wahabi dalam dfnsi bid'ah ternyata aqidahnya asy'ariyah (menurut ulama wahabi.

Tidak samar lagi bagi siapapun pun yang berinteraksi dgn wahabi atas penyandaran pendapat kaum wahabi kpd imam as syatibi, karena pendapat Imam syatibi dalam hal kaidah bidah /muhdasat cocok dgn selera mereka !!! sehingga mereka meng idolakannya dan mengedepankan ktb2 karya Imam Sathibi dan menyebarkan salinan isi ktb2nya, lalu mereka menjadikan beliau sbgai imam dripada imam2 MEREKA dan menyepelekan ulama2 yg lain yang sama2 ahli dalam
istimbat hukum..!

Tetapi sungguh  mereka jauh dari mendapatkan tuladan yg sempurna, mereka mengambil ilmunya lalu mencela dan terkadang menipu dgn kebesaran nama AS SYATIBI, tetapi hujah yg haq telah bersinar,pedang ahli haq telah meluluhkan kesesatan mereka dgn kehendak tuhannya. alhamdulillah..!

Pujian mereka kpd imam syatibi sangat mashur,tetapi ternyata sangkaanku salah, karena banyaknya pujian mereka pada Imam Satibi bukanlah sebuah bukti MEREKA BENAR2 MENGIKUTI FEMAHAMAN DAN KAIDAH IMAM SYATIBI, hususnya dalam kaidah imam syatibi dalam memahami aqidah islam dari alquran dan hadis juga dari salaful ummah...

Dan di antara ulama mereka ada yg menyatakan bhw imam syatibi sejalan dgn akidah mereka, seperti pernyataan al hilali dalam tahqiqnya atas kitab al i'tisom, juga ulama2 MEREKA yg lainnya. Tetapi sungguh ada sisi lain dari imam syatibi yg sdkt skali dari ulama mereka berani menjelaskannya, yaitu tentang bid'ahnya imam syatibi karena menisbatkan dirinya kepada aqidah asy'ariyah yg sesat, ahli bidah, ahli kalam, filsafat yunani dst [menurut mereka] dan juga tuduhan2 mereka yang lainnya..!

Tetapi Diantara ulama mereka ada yg BERANI menjelaskan PENYIMPANGAN tsbt DI ATAS,ia adalah syaikh nasir bin hammad alfahad [1419 H] dalam sebuah kitabnya yang dinamai risalah 'al i'lam bi mukholafati muwafaqot wal i'tis0m, Dialah ulama wahabi yg paling berani menyatakan PENYIMPANGAN AS SYATIBI 'versi wahabi", Beliau berkata dlm muqodimah risalahnya:

(( ﻭﻟﻤﺎ ﻛﺎﻥ ﻟﻠﺸﺎﻃﺒﻲ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﺟﻬﻮﺩ ﻓﻲ ﺣﺮﺏ ﺍﻟﺒﺪﻋﺔ ، ﻭﺣﺮﺏ ﺍﻟﺒﺪﻉ ﻣﻤﺎ ﺍﺷﺘﻬﺮ ﺑﻪ ﺍﻟﺴﻠﻔﻴﻮﻥ ، ﻓﻘﺪﺑﻴﻦ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﺃﻧﻪ ﺳﻠﻔﻲ ﺍﻻﻋﺘﻘﺎﺩ ﺍﻧﺘﺸﺮ ﺣﺘﻰ ﺑﻴﻦ ﺑﻌﺾ ﻃﻠﺒﺔ ﺍﻟﻌﻠﻢ -، ﻭﺍﻟﺤﻘﻴﻘﺔ ﺍﻟﺘﻲ ﺗﻈﻬﺮ ﻟﻜﻞ ﻣﻦ ﻳﻘﺮﺃ ﻛﺘﺎﺑﻴﻪ ﻫﺬﻳﻦ ﺃﻧﻪ ﺃﺷﻌﺮﻱ ﺍﻟﻤﻌﺘﻘﺪﻓﻲ ﺑﺎﺏ ﺍﻟﺼﻔﺎﺕ ﻭﺍﻟﻘﺪﺭ ﻭﺍﻹﻳﻤﺎﻥ ﻭﻏﻴﺮﻫﺎ ، ﻭﻣﺮﺟﻌﻪ ﻓﻲ ﺃﺑﻮﺍﺏ ﺍﻻﻋﺘﻘﺎﺩ ﻫﻲ ﻛﺘﺐ ﺍﻷﺷﺎﻋﺮﺓ ﻛﻤﺎ ﺗﻔﺼﻴﻠﻪ ﺇﻥ ﺷﺎﺀﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﺳﻴﺂﺗﻲ:

Dan sungguh keadaan imam syatibi dalam memerangi bid'ah dan memerangi MUHDASAT merupakan sesuatu yg mashur di kalangan kaum salafi, maka tersebarlah opini bhw beliau beraqidah salafy,sampai2 para penuntut ilmu pun menyatakan hal tsbt,tetapi pada kenyataan sebenarnya yang nampak pada orang yg cermat membaca dua ktb karangannya (almuwafaqot dan al i'tish0m), dia akan tau bhw beliau beraqidah asy'ari dlm masalah sifat,qodar dan iman juga dalam mslh lainnya dan rujukan beliau dalam aqidah adalah ktb2 asy'ariyah sbgaMAna
akan saya jelaskan poin2nya nanti,insallah-PENT. AlFAHAD selanjutnya berkata:

ﻭﻣﻮﻗﻒ ﺍﻟﺸﺎﻃﺒﻲ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻣﻦ ﺍﻟﺒﺪﻉ ﺍﻟﻌﻤﻠﻴﺔ ‏( ﻭﻫﻲ ﺍﻟﺒﺪﻉ ﻓﻲ ﺍﻟﻌﺒﺎﺩﺍﺕ ‏) ﻓﻲ ﺗﺤﺬﻳﺮﻩ ﻣﻨﻬﺎ ﻭﺑﻴﺎﻥ ﻣﻔﺎﺳﺪﻫﺎ ﻭﺍﻟﺘﺸﺪﻳﺪ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺘﻤﺴﻚ ﺑﺎﻟﺴﻨﺔ ﻓﻴﻬﺎﻣﻮﻗﻒ ﺟﻴﺪ ، ﻭﻋﻤﻞ ﻣﺸﻜﻮﺭ ، ﻭﻟﻜﻨﻪ ﻣﻊ ﺫﻟﻚ ﻭﻗﻊ ﻓﻲ ﺑﺪﻉ ﺍﻷﺷﺎﻋﺮﺓ ﻭﺍﻟﻤﺘﻜﻠﻤﻴﻦ ﺍﻻﻋﺘﻘﺎﺩﻳﺔ ﻓﻲ ﺍﻟﺼﻔﺎﺕ ﻭﺍﻟﻘﺪﺭﻭﻏﻴﺮﻫﺎﺍﻫـ:

Pendirian imam syatibi dalam hal bidah dlm ibadah dan peringatan2 kerasnya dari bidah juga PENJELASAN FASIDNYA bidah,dan anjurannya agar berpegang kpda sunnah adalah pendirian yang bagus dan di syukuri tetapi ternyata di samping itu beliau sendiri jatuh kpda bidahnya kaum asy'ari dan mutakalimin dlm hal sifat,qodar dll.

Komentar saya, ternyata ulama yg lbh tau hal bidah yg justru memerangi bidah dan lbh tau kaidah2 bidah tp melakukan bidah aqidah?? jadi spsksh aiamsm Syatibi tdk tau bidahnya kaum asariyah??padahal itu sangat di ketahui oleh kaum wahabi...!! ,atau justru mereka yg tdk tau haqiqat bidah krna tdk memhami aqidah asyariyah sebagaimana femahaman imam syatibi,dikarenakan taqlidnya mereka pada ibnu taemiyah ?? bisakah mengambil ilmu dalam kaidah bidah ibadah dengan memvonis bidah pada yang menyampaikannya??? ckckck

Setelah itu,syaekh alfahad berkata lagi:
ﻭﻟﻢ ﻳﻨﻔﺮﺩ ﺍﻟﺸﺎﻃﺒﻲ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﺑﻬﺬﺍ ﺍﻷﻣﺮ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﻌﻠﻤﺎﺀ
؛ ﻓﻘﺪ ﻭﻗﻊ ﻓﻴﻪ ﻏﻴﺮﻩ ‏(1 ‏) ﻛﺄﺑﻲ ﺑﮕﺮ ﺍﻟﻄﺮﻃﻮﺷﻲ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻓﺈﻧﻪ ﺃﻟﻒ ﻛﺘﺎﺏ( ﺍﻟﺒﺪﻉ ﻭﺍﻟﺤﻮﺍﺩﺙ ‏) ﻓﻲ ﺍﻟﺘﺤﺬﻳﺮ ﻣﻦ ﺍﻟﺒﺪﻉ ﺍﻟﻌﻤﻠﻴﺔ ﻭﻣﻊ ﺫﻟﻚ ﻓﻘﺪ
ﻭﺍﻓﻖ ﺍﻷﺷﺎﻋﺮﺓ ﻓﻲ ﺃﺻﻮﻟﻬﻢ ، ﻭ[2-] ﻛﺄﺑﻲ ﺷﺎﻣﺔ ﺍﻟﺪﻣﺸﻘﻲ ﻓﺈﻥ ﻟﻪ ﻛﺘﺎﺏ ‏( ﺍﻟﺒﺎﻋﺚ ﻓﻲ ﺇﻧﻜﺎﺭ ﺍﻟﺒﺪﻉ ﻭﺍﻟﺤﻮﺍﺩﺙ ‏) ﻓﻲ ﺍﻟﺒﺪﻉ ﺍﻟﻌﻤﻠﻴﺔ ﻭﻫﻮ ﺃﺷﻌﺮﻱ ﺍﻟﻤﻌﺘﻘﺪ ، ﻭﺍﻟﺴﺒﺐ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻭﺍﻟﻠﻪ ﺃﻋﻠﻢ ﺃﻥ ﻋﻠﻤﺎﺀ ﺍﻟﻜﻼﻡ ﻟﻢ ﻳﺘﻄﺮﻗﻮﺍ ﻟﻤﺜﻞ ﻫﺬﻩ ﺍﻷﻣﻮﺭ ؛ ﻟﻬﺬﺍ ﻟﻢ ﻳﻔﺴﺪﻭﻫﺎ ﺑﺄﺻﻮﻟﻬﻢ ﻓﻠﻢ ﺗﻠﺘﺒﺲ ﻋﻠﻰ ﻣﻦ ﺃﺭﺍﺩ ﺍﻟﺤﻖ ﻭﺳﻌﻰ ﺇﻟﻴﻪ ﺑﺨﻼﻑ ﺍﻻﻋﺘﻘﺎﺩﺍﺕ ﻛﺎﻷﺳﻤﺎﺀ ﻭﺍﻟﺼﻔﺎﺕ ﻭﺍﻟﻘﺪﺭ ﻭﺍﻹﻳﻤﺎﻥ ﻭﻏﻴﺮﻫﺎ ﻓﺈﻥ ﺍﻟﻤﺘﻜﻠﻤﻴﻦ ﺃﻓﺴﺪﻭﻫﺎ ﺑﺄﺻﻮﻟﻬﻢ ﺍﻟﻤﺒﺘﺪﻋﺔ ﻭﺷﺒﻬﻮﺍ ﻋﻠﻰ ﻛﺜﻴﺮ ﻣﻦ ﺍﻟﻌﻠﻤﺎﺀ ﺍﻟﻔﻀﻼﺀ ﻓﻴﻬﺎ ﻓﻮﺍﻓﻘﻮﻫﻢ ﻓﻲ ﺃﺻﻮﻟﻬﻢ ﻭﺑﺪﻋﻬﻢ ﻋﻔﺎﺍﻟﻠﻪ ﻋﻦ ﺍﻟﺠﻤﻴﻊ ﺑﻤﻨﻪ ﻭﻛﺮﻣﻪ :

Dan as syatibi tdk lah menyendiri dalam hal ini, karena hal tsbt telah terjadi pda ulama2 lainnya seperti 1.imam abu bakar at turthusi rahu yg mengarang tentang bidah dan hal2 baru dan mengecam amalan bidah, tetapi disamping itu beliau pun dlm usul aqidahnya adalah asy'ariyah, 2. abu syamah ad dimisqi beliau menyatakan dlm ktb2nya inkar kpd bidah dan hal2 baru, tetapi disamping itu beliau beraqidah asy'ariyah,adapun sebab terjadi hal itu "wallahu alam" krna ulama ahli kalam kalam tdk mendalami semisal urusan ini (bidah aqidah asy'ariyah). oleh karena itu jgnlah tertipu bagi siapapun yg mencari kebenaran dgn adanya penyimpangan2 aqidah dlm hal sifat,qadar dan keimanan dll DALAM KTB BELIAU, karena ulama ahli kalam tlh merusaknya dgn usul mereka yg bidah dan membuat penipuan kepada ulama2 yg utama,maka ulama2 ini mengikuti aqidah mereka. smg Allah memaafkan ulama2 ini dgn kemurahanNya-PENT.

Komentar: maka aku tidak faham ucapan alfahad ini kecuali bahwa imam2 ini menurutnya' tdk tau bidahnya ulama2 ahli kalam ,shgg mereka terkena bidahnya ,PADAHAL As Syatibi ADALAH ULAMA2 YANG paling MEMAHAMI KAIDAH2 BIDAH..!Trus wahabi ini mengikuti fmahaman siapa? mengambil ilmu dari siapa? PADAHAL ulama panutan mereka itu beraqidah asy'ariyah! Atau mereka saja salah asumsi dgn menggeneralkan ilmu kalam sbgai ilmu yang sesat??

Padahal ilmu kalam ulama asy'ariyah di gunakan utk melawan hujah2 kaum retorika kalam sesat muktajilah,jahmiyah qodariyah jg haswiyah dll.atau karena mereka masuk pada kaum sesat shgg tdk terima dgn ilmu kalam asyariyah???

Kemudian alfahad berkata lagi:
ﺃﻧﻨﻲ ﻋﻨﺪﻣﺎ ﻗﺮﺃﺕ ﻛﺘﺎﺑﻲ ﻭﺍﻟﻤﻘﺼﻮﺩ ﺍﻟﺸﺎﻃﺒﻲ ‏( ﺍﻟﻤﻮﺍﻓﻘﺎﺕ ﻭ ﺍﻻﻋﺘﺼﺎﻡ ‏) ﻗﻤﺕ ﺑﺘﻘﻴﻴﺪ ﻣﺨﺎﻟﻔﺎﺗﻪ ﻟﻤﻌﺘﻘﺪ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺴﻨﺔ ﻭﺭﺃﻳﺖ ﺃﻥ ﻭﺍﻟﺠﻤﺎﻋﺔ ﺃﺧﺮﺟﻬﺎ ﻧﺼﻴﺤﺔ ﻟﻸﻣﺔ ﻭ ﺇﺗﻤﺎﻣﺎ ﻟﻠﻤﻨﻔﻌﺔ ﺑﺤﻴﺚ ﺗﺤﺬﺭ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﻤﻮﺍﺿﻊ ﻣﻦ ﻛﺘﺎﺑﻴﻪ ﻫﺬﻳﻦ ، ﻭﻗﺪ ﺭﺗﺒﺘﻬﺎ ﻭﺟﻌﻠﺘﻬﺎ ﻋﻠﻰ ﺛﻼﺛﺔ ﺃﺑﻮﺍﺏ ﻛﻤﺎ ﻳﻠﻲ :

Dan sesungguhnya maksudku ketika membaca dua ktb as syatibi almauwafaqot dan al i'tishom adalah untuk memberi taukan hal2 yg menyimpang daripada aqidah ahlusunnah wal jamaah, sebagai nasehat bg umat dan penyempurna manfaat dan supaya menjadi peringatan atas bagian2 yg menyimpang dlm dua ktbnya tsbt dan aku susun menjadi 3 bagian,sbgaimana yg akan di uraikan:

ﺍﻟﺒﺎﺏ ﺍﻷﻭﻝ : ﻣﺨﺎﻟﻔﺎﺗﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﺘﻮﺣﻴﺪ ، ﻭﺗﺤﺘﻪ ﻓﺼﻼﻥ : ﺍﻟﻔﺼﻞ ﺍﻷﻭﻝ : ﻣﺨﺎﻟﻔﺘﻪ ﻓﻲ ﺗﻮﺣﻴﺪﺍﻟﺮﺑﻮﺑﻴﺔ : ﺍﻟﻔﺼﻞ ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ : ﻣﺨﺎﻟﻔﺎﺗﻪ ﻓﻲ ﺗﻮﺣﻴﺪ ﺍﻷﺳﻤﺎﺀﻭﺍﻟﺼﻔﺎﺕ
: bab 1 : penyimpangan dlm hal tauhid,dan di bawahnya ada dua fasal: fasal
1 :penyimpangan dalam tauhid rububiyah,fasal 2:penyimpangan dlm tauhid asma wa sifat-

ﺍﻟﺒﺎﺏ ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ : ﻣﺨﺎﻟﻔﺎﺗﻪ ﻓﻲ ﺍﻹﻳﻤﺎﻥ ﻭ ﺍﻟﻘﺪﺭ، ﻭﺗﺤﺘﻪ ﻓﺼﻼﻥ :
ﺍﻟﻔﺼﻞ ﺍﻷﻭﻝ : ﻓﻲ ﻣﺨﺎﻟﻔﺘﻪ ﻓﻲ ﺍﻹﻳﻤﺎﻥ :
ﺍﻟﻔﺼﻞ ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ : ﻓﻲ ﻣﺨﺎﻟﻔﺎﺗﻪ ﺍﻟﻘﺪﺭ :
: Bab 2:penyimpangan dalam hal iman dan qadar,dan di bawahnya ada dua fasal: fasal .penyimpangan dlm hal iman,fasal 2.penyimpangan dlm hal qadar
ﺍﻟﺒﺎﺏ ﺍﻟﺜﺎﻟﺚ : ﻣﺨﺎﻟﻔﺎﺗﻪ ﺍﻷﺧﺮﻯ ، ﺗﺤﺘﻪ ﺛﻼﺛﺔ ﻓﺼﻮﻝ : ﺍﻟﻔﺼﻞ ﺍﻷﻭﻝ : ﺗﺄﺛﺮﻩ ﺑﻌﻠﻢ ﺍﻟﻜﻼﻡ : ﺍﻟﻔﺼﻞ ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ : ﺗﺄﺛﺮﻩ ﺑﺎﻟﺼﻮﻓﻴﺔ : ﺍﻟﻔﺼﻞ ﺍﻟﺚﻟﻠﻤﻬﺪﻱﺍﻫـﺇﻧﻜﺎﺭﻩ
: bab 3.penyimpangan lain2,dan di bawahnya ada 3 fasal.fasal 1.terjerumusnya AS SYATIBI pada ilmu kalam,fasal 2. terjerumus pada ilmu tasawuf.fasal 3 tentang inkarnya kpd imam mahdi. SEKIAN ucapan DALAM muqodimah KTB KARYA ALFAHAD.

NAH di antara ucapan ALFAHAD stlh muqodimah:
(( ﺍﻟﻤﺒﺤﺚ ﺍﻷﻭﻝ : "ﻓﻲ ﻋﻘﻴﺪﺓﺍﻟﺘﻔﻮﻳﺾ " ﻳﻈﻬﺭ ﻣﻦ ﻛﻼﻡ ﺍﻟﺸﺎﻃﺒﻲ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﺟﻠﻴﺎ ﻭﺍﺿﺤﺎ ﻋﻨﺪ ﺗﻌﺮﺿﻪ ﻟﻤﺬﻫﺐ ﺍﻟﺴﻠﻒ ﻓﻲ ﻧﺼﻮﺹ ﺍﻟﺼﻔﺎﺕ ﻭﻣﺪﺣﻪ ﻟﻪ ﻭﺣﺜﻪ ﻋﻠﻰ ﺍﺗﺒﺎﻋﻪ ﺃﻧﻪ ﺇﻧﻤﺎ ﻳﻘﺼﺪ ﺑﻪ ﻣﺬﻫﺐ ﺍﻟﺘﻔﻮﻳﺾ ﺗﻔﻮﻳﺾ ﺍﻟﻤﻌﻨﻰ ﻭﺍﻟﻜﻴﻔﻴﺔ:

pembahasan awal)dalam MASALAH aqidah tafwidl,sangat jelas dari ucapan as Syatibi rahu ketika Beliau menjelaskan madhab salaf dlm text2 sifat dan beliau memuji salaf juga menganjurkan kpda pengikutnya untk mengikutinya, yang dimaksud madhab salaf oleh beliau adalah madhab tafwid yakni tafwid makna dan kaifiyat.

* KOMENTAR: ternyata makin nyata pendapat para ulama muktabar bahwa salaf itu tafwidl makna dan kaifiyat, Dan BILA KITA INGAT kecaman ibnu taemiyah terhadap ulama madhab tafwid yakni tafwid makna dan kaifiyat, SUNGGUH perkataannya sangat kotor dan jelek, yg tdk sanggup ku ceritakan pnjg lebar disini, tetapi cukuplah ucapan kaum wahabi terhadap asy'ariyah scra umum sbgai buktinya dan jg vonis2 itu bisa di lihat jg dari ucapan ulama mereka mitsal
alqohthani trhadap asy'ariyah dan ucapan ibnu qoyim dalam ktb nuniyahnya.

ibnu taymiyah TELAH mensifati kaum tafwid dgn anak perempuan jahmiyah....!!! Adapun ulama2 mereka zaman ini sungguh ucpn2 MEREKA sangat mengecam madhab tafwid, kami hanya meminta hidayah kpd Allah utk kita semua atas vonis jahat merekadan atas Apa yg mereka katakan.

Sedangkan para ulama kita menemukan usul aqidah dari gunung2 stlh gunung2 yg lainnya..?! Ulama wahabi membuang nama2 para imam stlh mengambil ilmunya, karena fokus mereka hanyalah membantah apa yg tdk sesuai dgn seleranya dan tdk lain mereka berdiri menghadang ahlus sunah wal jamaah asy'ariyah wal maturidiyah,.! Alhamdulillah atas hidayah ALLAH KEPADA KITA DALAM MENGIKUTI ahli haq dgn kemurahanNya.

ULAMA wahabi lainnya yg menjelaskan TENTANG penyimpangan as syatibi (MENURUT VERSINYA) adalah syaikh abdurohman adam dalam ktbnya al imam syatibi aqidatuhu wa
mauqifuhu minal bid'i wa ahliha''ktb ini lbh lembut dan lbh ilmiah daripada ktb yg pertama Dan syaik abd rahman ini hny menyebutkan sebagian kcil penyimpangan dan melupakan sebagian besar penyimpangan asy satibi.Dan dalam ktb ke dua ini tdk di sampaikan tentang bidah tasawuf
dan tentang ahli kalamnya imam syatibi,yg mana hal ini di sbutkan dalam ktb pertama.
Berkata sang pengarang SYAIKH ABD RAHMAN ADAM dlm ktbnya hal 196:
ﺇﻥ ﻣﻮﻗﻒ ﺍﻟﺸﺎﻃﺒﻲ - ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ - ﻣﻦ ﺍﻟﺘﺄﻭﻳﻞ ﻻ ﻳﺨﺘﻠﻒ ﻋﻦ ﻣﻮﻗﻒ ﺍﻷﺷﻌﺮﻳﺔ، ﺑﻞ ﻫﻮ ﺗﻘﺮﻳﺮ ﻟﻪ ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﺗﻌﺼﺐﺍﻫـ .
: ssungguhnya pendirian syatibi rahu dlm hal takwil sejalan dgn asy'ariyah dan malah menetapkannya dgn tdk taasub. Lalu pada hal 198:
ﻳﺘﻀﺢ ﻣﻤﺎ ﺳﺒﻖ ﻣﻦ ﻛﻼﻡ ﺍﻟﺸﺎﻃﺒﻲ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ- ﺃﻧﻪ ﻳﻘﻮﻝ ﻓﻲ ﺍﻟﺘﺄﻭﻳﻞ ﺧﺎﺻﺔ ﻓﻲ ﺻﻔﺎﺕ ﺍﻟﺒﺎﺭﺉ ﺑﻘﻮﻝ ﺍﻷﺷﻌﺮﻳﺔ، ؛ ﻋﻠﻰﻏﻴﺮ ﺗﻌﺼﺐ ﻣﻨﻪ ﻷﻧﻪ ﻳﺮﻯ ﺃﻥ
ﺫﻟﻚ ﻓﺮﻉ ﻣﻦ ﺍﻟﻔﺮﻭﻉ، ﻭﻣﻦ ﺛﻢ ﻓﻬﻮ ﻣﺴﺄﻟﺔ ﺍﺟﺘﻬﺎﺩﻳﺔ
: Maka jelas dari ucapan syatibi yg tlh di sebutkan sblmnya bhw beliau berkata tntg takwil hususnya tntg sifat aLLAH,sbgmn madhab asy'ariyah dgn tdk taasub karena imam syatibi memandang hal takwil adalah masalah furu: cabang,dALAM hal ini,maka ini hny furu:cabang ijtihadiyah semata.

Dan berkata pada hal 229: dan as satibi bolak balik dalam masalah istawa antara tafwid makna dan takwil,dan berkata sebagiannya bhw madhab tafwid makna adalah madhab mutaqodimin dan ulama asy'ariyah muta'akhirin berkata bhw tafwid adalah aslam:lbh slamat 'menurut prasangkanya' dan inilah yg di pegang imam syatibi dan berjalan dgn jalan tafwid,dan beliau memandang bhw tafwid ini adalah manhaj salaf,padahal haqiqatnya salaf bukanlah begitu,justru madhab salaf adalah tafwid kaefiyah dan haqiqat,bukan tafwid makna-PENT.

kOMENTAR: Disini bukan tempatnya saya untuk membuat pembelaan kpda imam syatibi,tetapi saya cm menyebutkan kalimat2 dari ulama wahabi yg dijadikan hujah BUKTI OLEH MEREKA atas pengingkaran mereka terhadap ke'asy-ariyahan imam as syatibi. Dan dgn demikian jelaslah bagi kalian wahai saudara muslim:
1. penipuan sebagian wahabi dgn menyatakan bhw imam syatibi termasuk jajaran ulama mereka dlm aqidah.
2. jelaslah bagi kalian atas asy'ariyahnya imam ahli usul yg agung dari kalangan malikiyah yaitu imam as syatibi dan ilmu beliau telah dijadikan hujah oleh wahabi dalam masalah bidah dan muhdasat,tetapi mereka terhijab dari ke asy-ariyahan imam syatibi,justru mereka menghukumi jelek ulama asy'ariyah dgn tdk samar lagi,bs kita lht dlm ceramah2 atau blog2 mereka, dan kabar tidak lah seperti mlht dan mendengar lgsg,..!!

Pertanyaan utk kita adalah:apakah ada nilai dan bobot bagi org2 semacam itu?? tidak..demi allah,tdk ada bobot dan nilai dari mereka,mereka ibarat tanah kering yg bertebaran,ketika angin datang maka bagai debu yg di terbangkan., Alhamdulillah,kita mempunyai ulamA2 yg menyampaikan ilmu kpda kita dgn sanad (mata rantai) kpd salaf. siapakah salaf soleh di banding dgn aqidah wahabi ??

Setelah mereka mendolimi ulama umat, muhadisnya mufasirnya ,fuqohanya,ahli tauhidnya ?? Darimana mereka mengambil agama ini ? siapa yg menyampaikan ilmu kpda mereka ? apakah tersisa ulama dari CELAAN wahabi? lihatlah siapa salaf soleh yg di ikuti wahabi Apakah tdk melihat akan ulama2 ahli usul umat berpegang kpd madhab asy'ariyah dgn berbagai keilmuan mereka,lalu madhab tsbt di anggp sesat ?? la haula wala quwwata illa billah..!

TERAKHIR saya bawakan cnth perkataan as syatibi yg menjadi petir bagi wahabi.! Berkata imam syatibi dalam al muwafaqot ( 4- 154 ) :-
ﻣﺴﺄﻟﺔ ﻻ ﺑﺪ ﻣﻦ ﻣﻌﺮﻓﺘﻬﺎ ﻟﻤﻦ ﺃﺭﺍﺩ ﻋﻠﻢ ﺍﻟﻘﺮﺁ ن.. ﻭﻣﻦ ﺫﻟﻚ ﻣﻌﺮﻓﺔ ﻋﺎﺩﺍﺕ ﺍﻟﻌﺮﺏ ﻓﻲ ﺃﻗﻮﺍﻟﻬﺎ ﻭﺃﻓﻌﺎﻟﻬﺎ ﻭﻣﺠﺎﺭﻱ ﺃﺣﻮﺍﻟﻬﺎ ﺣﺎﻟﺔ ﺍﻟﺘﻨﺰﻳﻞ .. ﻭﺇﻻ ﻓﻲ ﺍﻹﺷﻜﺎﻻﺕ ﻭﺍﻟﺸﺒﻪ ﺍﻟﻤﺘﻌﺬﺭ ﻭﻗﻊ ﺍﻟﺨﺮﻭﺝ ﻣﻨﻬﺎ ﺇﻻ ﺑﻬﺬﻩ ﺍﻟﻤﻌﺮﻓﺔ . ﻭﻣﻨﻬﺎ -: ﻗﻮﻟﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ -: ‏( ﺃﺃﻣﻨﺘﻢ ﻣﻦ ﻓﻲ ﺍﻟﺴﻤﺎﺀ ‏) ﻭﺃﺷﺒﺎﻫﻬﺎ ، ﺇﻧﻤﺎ ﺟﺮﺕ ﻋﻠﻰ ﻣﻌﺘﺎﺩﻫﻢ ﻓﻲ ﺍﺗﺨﺎﺫ ﺍﻵﻟﻬﺔ ﻓﻲ ﺍﻷﺭﺽ ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻧﻮﺍ ﻣﻘﺮﻳﻦ ﺑﺈﻟﻬﻴﺔﺍﻟﻮﺍﺣﺪ ﺍﻷﺣﺪ ، ﻓﺠﺎﺀﺕ ﻫﺬﻩ ﺍﻵﻳﺎﺕ ﺑﺘﻌﻴﻴﻦ ﺍﻟﻔﻮﻕ ﻭﺗﺨﺼﻴﺼﻪ ﺗﻨﺒﻴﻬﺎ ﻋﻠﻰ ﻧﻔﻲ ﻣﺎ ﺍﺩﻋﻮﻩ ﻓﻲ ﺍﻷﺭﺽ ، ﻓﻼ ﻳﻜﻮﻥ ﻓﻴﻬﺎ ﺩﻟﻴﻞ ﻋﻠﻰ ﺇﺛﺒﺎﺕ ﺍﻟﺠﻬﺔ ﺍﻟﺒﺘﺔ
: Ini masalah yg harus di ketahui bagi orang yg mau mengetahui kandungan alquran, di antaranya ADALAH mengetahui adat kebiasaan org arab dlm ucapan, perbuatan dan apa yg berlaku di antara mereka DI MASA turunnya alquran, jika tdk mengetahui hal tsbt, mk akan terjerumus kpda kemuskilan dan penyerupaan yg tdk bs keluar darinya kecuali dgn pengetahuan tsbt, diantara contohnya firman allah: a amintum man fis sama:apakah kau iman terhadap yg dilangit,dan jg ayat2 yg lainnya.Ungkapan tsbt karena berlaku adat org arab kala itu mengambil tuhan disekitar mereka walaupun mereka mengakui dzat yg esa,mk turun ayat ini dgn menentukan arah atas utk mengingatkan mereka akan kenafian tuhan mereka di bumi,maka tdklah ayat tsbt sbgai hujah sbgai penetapan arah sama sekali..!—

Tidak ada komentar:

Posting Komentar