HUKUM HADIAH PAHALA SEDEKAH, PUASA DAN BACA’AN AL-QUR’AN SAMPAI KEPADA SI MAYIT MENURUT IBNU TAIMIYAH (KITAB MAJMU FATAWA BAB. JANAIZ)
ﻭﻗﺎﻝ ﺗﻌﺎﻟﻰ : } ﻭَﺍﺳْﺘَﻐْﻔِﺮْ ﻟِﺬَﻧﺒِﻚَ ﻭَﻟِﻠْﻤُﺆْﻣِﻨِﻴﻦَ ﻭَﺍﻟْﻤُﺆْﻣِﻨَﺎﺕِ { [ﻣﺤﻤﺪ : 19 ]
“Dan mohonlah ampunan bagi dosamu dan bagi (dosa) orang-orang mukmin...(QS. Muhammad: 19)
ﻓﺈﺫﺍ ﻋﺮﻑ ﻫﺬﺍ ﺍﻷﺻﻞ، ﻓﺎﻷﻣﺮ ﺍﻟﺬﻱ ﻛﺎﻥ ﻣﻌﺮﻭﻓﺎً ﺑﻴﻦ ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ ﻓﻲ ﺍﻟﻘـــﺮﻭﻥ ﺍﻟﻤﻔﻀﻠﺔ، ﺃﻧﻬﻢ ﻛﺎﻧﻮﺍ ﻳﻌﺒﺪﻭﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﺄﻧﻮﺍﻉ ﺍﻟﻌﺒﺎﺩﺍﺕ ﺍﻟﻤﺸﺮﻭﻋــﺔ، ﻓﺮﺿــﻬﺎ ﻭﻧﻔﻠــﻬﺎ، ﻣﻦ ﺍﻟﺼﻼﺓ، ﻭﺍﻟﺼﻴﺎﻡ، ﻭﺍﻟﻘـﺮﺍﺀﺓ، ﻭﺍﻟﺬﻛﺮ، ﻭﻏـﻴﺮ ﺫﻟﻚ. ﻭﻛﺎﻧـﻮﺍ ﻳﺪﻋـﻮﻥ ﻟﻠﻤﺆﻣﻨـﻴﻦ ﻭﺍﻟﻤﺆﻣﻨـﺎﺕ، ﻛﻤﺎ ﺃﻣـﺮ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﺬﻟﻚ ﻷﺣﻴﺎﺋﻬﻢ، ﻭﺃﻣﻮﺍﺗﻬﻢ، ﻓﻲ ﺻﻼﺗﻬﻢ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺠﻨﺎﺯﺓ، ﻭﻋﻨﺪ ﺯﻳﺎﺭﺓ ﺍﻟﻘﺒــﻮﺭ، ﻭﻏﻴﺮﺫﻟﻚ.
Apabila mengetahui asal mula perkara yg ada diantara umat islam yg dekat dgn Rosululloh (yaitu salafus sholeh) yg memiliki kelebihan, sesungguhnya mereka beribadah kpd Alloh dgn bermacam ibadah yg disyari’atkan, yg fardhu dan yg sunnah dari sholat, puasa, membaca (al-Qur’an), dzikir, dan sebagainya. Dan mereka mendoakan org2 mukmin sebagaimana telah diperintahkan Alloh buat yg msh hidup diantara mereka maupun yg sdh meninggal, baik di dalam sholat jenazah, waktu berziarah kubur, maupun lainnya.
ﻭﻗﺪ ﺻﺢ ﻋﻦ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ : ﺃﻧﻪ ﺃﻣﺮ ﺑﺎﻟﺼﺪﻗﺔ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﻴﺖ، ﻭﺃﻣﺮ ﺃﻥ ﻳﺼﺎﻡ ﻋﻨﻪ ﺍﻟﺼﻮﻡ . ﻓﺎﻟﺼﺪﻗﺔ ﻋﻦ ﺍﻟﻤﻮﺗﻲ ﻣﻦ ﺍﻷﻋﻤﺎﻝ ﺍﻟﺼﺎﻟﺤﺔ، ﻭﻛﺬﻟﻚ ﻣﺎ ﺟﺎﺀﺕ ﺑﻪ ﺍﻟﺴﻨﺔ ﻓﻲ ﺍﻟﺼﻮﻡ ﻋﻨﻬﻢ. ﻭﺑﻬﺬﺍ ﻭﻏﻴﺮﻩ ﺍﺣﺘﺞ ﻣﻦ ﻗﺎﻝ ﻣﻦ ﺍﻟﻌﻠﻤﺎﺀ : ﺇﻧﻪ ﻳﺠﻮﺯﺇﻫﺪﺍﺀ ﺛﻮﺍﺏ ﺍﻟﻌﺒﺎﺩﺍﺕ ﺍﻟﻤﺎﻟﻴﺔ، ﻭﺍﻟﺒﺪﻧﻴﺔ ﺇﻟﻰ ﻣﻮﺗﻲ ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ . ﻛﻤﺎ ﻫﻮ ﻣﺬﻫﺐ ﺃﺣﻤﺪ، ﻭﺃﺑﻲ ﺣﻨﻴﻔﺔ، ﻭﻃﺎﺋﻔﺔ ﻣﻦ ﺃﺻﺤﺎﺏ ﻣﺎﻟﻚ، ﻭﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ .
Dan sungguh telah disahkan oleh Rosululloh Shollallohu ‘alaihi wa sallam, sesungguhnya beliau memerintahkan untuk bersedekah atas mayit, dan memerintahkan memuasakan puasa mayit (bayar hutang puasa). Dan sedekah dari (keluarga) org yg meninggal termasuk amalan sholih, demikian jg telah datang sunnah (ajaran) memuasakan dari puasanya mayit (yg tertinggal). Sebab inilah dan sebab lainnya seseorang menghendaki hujjah para ulama bhw sesungguhnya
hukumnya jaiz (boleh) menghadiahkan pahala ibadah yg berupa materi (wakaf, hibah, zakat, infaq, shodaqoh) pahala ibadah badaniyah (sholat, berpuasa, berhaji) kepada org muslim yg telah meninggal.
ﻋﻦ ﺍﺑﻦ ﻋﺒﺎﺱ ـ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠّﻪ ﻋﻨﻬﻤﺎ ـ : ﺃﻥ ﺭﺟﻼ ﻗﺎﻝ ﻟﻠﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ : ﺇﻥ ﺃﻣﻲ ﺗﻮﻓﻴﺖ، ﺃﻓﻴﻨﻔﻌﻬﺎ ﺃﻥ ﺃﺗﺼﺪﻕ ﻋﻨﻬﺎ؟ ﻗﺎﻝ : ( ﻧﻌﻢ ) ﻗﺎﻝ : ﺇﻥ ﻟﻲ ﻣﺨﺮﻓﺎ ـ ﺃﻱ ﺑﺴﺘﺎﻧﺎً ـ ﺃﺷﻬﺪﻛﻢ ﺃﻧﻲ ﺗﺼﺪﻗﺖ ﺑﻪ ﻋﻨﻬﺎ. ﻭﻓﻲ ﺍﻟﺼﺤﻴﺤﻴﻦ ﻋﻦ ﻋﺎﺋﺸﺔ ـ ﺭﺿﻲﺍﻟﻠّﻪ ﻋﻨﻬﺎ ـ : ﺃﻥ ﺭﺟﻼ ﻗﺎﻝ ﻟﻠﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ : ﺇﻥ ﺃﻣﻲ ﺍﻓﺘﻠﺘﺖ ﻧﻔﺴﻬﺎ، ﻭﻟﻢ ﺗﻮﺹ، ﻭﺃﻇﻨﻬﺎ ﻟﻮ ﺗﻜﻠﻤﺖ ﺗﺼﺪﻗﺖ،ﻓﻬﻞ ﻟﻬﺎ ﺃﺟﺮ ﺇﻥ ﺗﺼﺪﻗﺖ ﻋﻨﻬﺎ ؟ ﻗﺎﻝ : ( ﻧﻌﻢ ). ﻭﻓﻲ ﺻﺤﻴﺢ ﻣﺴﻠﻢ ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠّﻪ ﻋﻨﻪ : ﺃﻥ ﺭﺟﻼ ﻗﺎﻝ ﻟﻠﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ : ﺇﻥ ﺃﺑﻲ ﻣﺎﺕ ﻭﻟﻢ ﻳﻮﺹ، ﺃﻳﻨﻔﻌﻪ ﺇﻥ ﺗﺼﺪﻗﺖ ﻋﻨﻪ ؟ ﻗﺎﻝ : ( ﻧﻌﻢ ).
Dari Ibnu Abbas ra. Sesungguhnya seorg laki2 berkata kpd Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam, ‘Sesungguhnya ibuku telah meninggal, apakah bermanfa’at jika aku bersedekah untukny?’ Nabi menjawab, “Ya,” Laki2 berkata, ‘Sesungguhnya aku memiliki kebun, aku persaksikan kepadamu bhw sesungguhnya aku sedekahkan (kebun ini) untuknya.’
Dan di dalam shohih Bukhori Muslim dari ‘Aisyah rah. Sesungguhnya seorg laki2 berkata kpd Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam, ‘Sesungguhnya ibuku telah meninggal, dan tdk berwasiat, dan aku kira jika dia diberi kesempatan dia akan bersedekah, apakah dia mendapatkan pahala jika aku yg bersedekah untuknya?’
Nabi menjawab, “Ya.”
Dan di dalam shohih Muslim dari Abu Huroiroh ra. Sesungguhnya seorg laki2 berkata kpd Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam, ‘Sesungguhnya bapakku telah meninggal dan tdk berwasiat, apakah bermanfa’at buatnya jika aku bersedekah untuknya?’ Nabi menjawab, “Ya.”
ﻭﻓﻲ ﺳﻨﻦ ﺍﻟﺪﺍﺭﻗﻄﻨﻲ : ﺃﻥ ﺭﺟﻼ ﺳﺄﻝ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻓﻘﺎﻝ : ﻳﺎﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠّﻪ، ﺇﻥ ﻟﻲ ﺃﺑﻮﺍﻥ، ﻭﻛﻨﺖ ﺃﺑﺮﻫﻤﺎ ﺣﺎﻝ ﺣﻴﺎﺗﻬﻤﺎ. ﻓﻜﻴﻒ ﺑﺎﻟﺒﺮ ﺑﻌﺪ ﻣﻮﺗﻬﻤﺎ؟ ﻓﻘﺎﻝ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ : ( ﺇﻥ ﻣﻦ ﺑﻌﺪ ﺍﻟﺒﺮ ﺃﻥ ﺗﺼﻠﻲ ﻟﻬﻤﺎ ﻣﻊ ﺻﻼﺗﻚ، ﻭﺃﻥ ﺗﺼﻮﻡ ﻟﻬﻤﺎ ﻣﻊ ﺻﻴﺎﻣﻚ، ﻭﺃﻥ ﺗﺼﺪﻕ ﻟﻬﻤﺎ ﻣﻊ ﺻﺪﻗﺘﻚ ).
Di dalam sunan Daruquthni, Sesungguhnya seorg laki2 bertanya kpd Rosululloh Shollallohu ‘alaihi wa sallam dan berkata, ‘Ya Rosululloh, sesungguhnya aku memiliki kedua org tua yg aku berbuat baik kpd keduanya semasa hidupnya. Maka bagaimana cara berbuat baik kpd keduanya setelah keduanya meninggal?’ Maka Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam, (Sesungguhnya kebaikan sesudah [org tua meninggal] adalah sholatkan untuk keduanya bersama sholat kamu, puasakan untuk keduanya bersama puasa kamu, dan sedekahkan keduanya bersama sedekah
kamu). Wallohu A’lam bish-Showab
Tidak ada komentar:
Posting Komentar