PERTANYAAN :
Kang Muhammad 'Ali Mawardy
Imam abu hanifah : ` bolehnya nikah tanpa wali bagi wanita yang sudah dewasa ` ? Penjelasan detailnya bagaimana ya ?
JAWABAN :
>> Ibnu Toha
tentang syarat2 nikah seperti dua saksi, mas kawin dll. mufakat diantara imam yg empat, kecuali WALI bukan merupakan syarat nikah menurut Imam Abu Hanifah.
Ibarot :
بَابُ الْأَوْلِي َاءِ وَالْأَكْف َاءِ ( وَيَنْعَقِ دُ نِكَاحُ الْحُرَّةِ الْعَاقِلَ ةِ الْبَالِغَ ةِ بِرِضَاهَا ) وَإِنْ لَمْ يَعْقِدْ عَلَيْهَا وَلِيٌّ بِكْرًا كَانَتْ أَوْ ثَيِّبًا ( عِنْدَ أَبِي حَنِيفَةَ وَأَبِي يُوسُفَ ) رَحِمَهُمَ ا اللَّهُ ( فِي ظَاهِرِ الرِّوَايَ ةِ .
وَعَنْ أَبِي يُوسُفَ ) رَحِمَهُ اللَّهُ ( أَنَّهُ لَا يَنْعَقِدُ إلَّا بِوَلِيٍّ .
وَعِنْدَ مُحَمَّدٍ يَنْعَقِدُ وُقُوفًا ) وَقَالَ مَالِكٌ وَالشَّافِ عِيُّ رَحِمَهُمَ ا اللَّهُ لَا يَنْعَقِدُ النِّكَاحُ بِعِبَارَة ِ النِّسَاءِ أَصْلًا لِأَنَّ النِّكَاحَ يُرَادُ لِمَقَاصِد ِهِ وَالتَّفْو ِيضُ إلَيْهِنَّ مُخِلٌّ بِهَا ، إلَّا أَنَّ مُحَمَّدًا رَحِمَهُ اللَّهُ يَقُولُ : يَرْتَفِعُ الْخَلَلُ بِإِجَازَة ِ الْوَلِيِّ .
(Fathul Qadir Ibnu al-Hamam al-Hanafi )
FOKUS :
وَيَنْعَقِ دُ نِكَاحُ الْحُرَّةِ الْعَاقِلَ ةِ الْبَالِغَ ةِ بِرِضَاهَا ) وَإِنْ لَمْ يَعْقِدْ عَلَيْهَا وَلِيٌّ بِكْرًا كَانَتْ أَوْ ثَيِّبًا ( عِنْدَ أَبِي حَنِيفَةَ وَأَبِي يُوسُفَ
# Dalil yg digunakan oleh Ulama Madzhab Hanafi tentang kebolehan wanita boleh mengawinka n dirinya ataupun wanita lain adalah :
1. Al-Qur'an :
فَلَا تَعْضُلُوه ُنَّ أَنْ يَنْكِحْنَ أَزْوَاجَه ُنَّ إِذَا تَرَاضَوْا بَيْنَهُمْ بِالْمَعْر ُوفِ
maka janganlah kamu (para wali) menghalang i mereka kawin lagi dengan bakal suaminya[1 46], apabila telah terdapat kerelaan di antara mereka dengan cara yang ma'ruf.
2. Al-Hadits :
528 - أخبرنا مالك أخبرنا عبد الرحمن بن القاسم عن أبيه عن عبد الرحمن ( 1 ) ومجمع ابني يزيد بن جارية الأنصاري عن خنساء ابنة خذام : أن ( 2 ) أباها زوجها ( 3 ) وهي ( 4 ) ثيب فكرهت ذلك ( 5 ) فجاءت رسول الله صلى فرد ( 6 ) نكاحه
(Al-Muwath o' Imam Malik)
الأيم أحق بنفسها من وليها والبكر تستأذن في نفسها وإذنها صماتها
(Muttafaqu n Alaih)
23892 - حَدَّثَنَا وَكِيعٌ حَدَّثَنَا كَهْمَسٌ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ بُرَيْدَةَ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ
جَاءَتْ فَتَاةٌ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَتْ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ أَبِي زَوَّجَنِي ابْنَ أَخِيهِ يَرْفَعُ بِي خَسِيسَتَه ُ فَجَعَلَ الْأَمْرَ إِلَيْهَا قَالَتْ فَإِنِّي قَدْ أَجَزْتُ مَا صَنَعَ أَبِي وَلَكِنْ أَرَدْتُ أَنْ تَعْلَمَ النِّسَاءُ أَنْ لَيْسَ لِلْآبَاءِ مِنْ الْأَمْرِ شَيْءٌ
(HR Ahmad, Nasa'i dll)
11947 - عبد الرزاق عن بن عيينة عن يحيى بن سعيد عن القاسم بن محمد أن عائشة زوجت المنذر ابنة عبد الرحمن بن ابي بكر وليس بشاهد فجاء عبد الرحمن فقال أي عباد الله آيفتات في بناتي فأمرت عائشة المنذر أن يجعل الأمر بيده فرده عليه فلم يعد ذلك الأمر شيئا
(Mushannif Abdurrozza q)
Syarah Hadits :
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ { الْأَيِّمُ أَحَقُّ بِنَفْسِهَ ا مِنْ وَلِيِّهَا وَالْبِكْر ُ تُسْتَأْذَ نُ فِي نَفْسِهَا وَإِذْنُهَ ا صُمَاتُهَا } , وَمَا رُوِيَ عَنْ عَلِيٍّ رضي الله عنه أَنَّ امْرَأَةً زَوَّجَتْ ابْنَتَهَا بِرِضَاهَا فَجَاءَ أَوْلِيَاؤ ُهُمَا فَخَاصَمُو هَا إلَى عَلِيٍّ فَأَجَازَ النِّكَاحَ
(Mufassil fi syarh Hadits, Ali bin Nayif al-Syuhud )
>> Masaji Antoro
Menurut kalangan Syafi'iyya h dan Malikiyyah pernikahan tanpa seorang wali tidak terjadi... .
الفقه على المذاهب الأربعة ج 4 ص 46
قد عرفت مما ذكرناه أن الشافعية والمالكية اصطلحوا على عد الولي ركنا من أركان النكاح لا يتحقق عقد النكاح بدونه واصطلح الحنابلة و الحنفية على عده شرطا لا ركنا وقصروا الركن على الإيجاب والقبول إلا أن الحنفية قالوا : أنه شرط لصحة زواج الصغير والصغيرة والمجنون والمجنونة ولو كبارا أما البالغة العاقلة سواء كانت بكرا أو ثيبا فليس لأحد عليها ولاية النكاح بل لها أن تباشر عقد زواجها ممن تحب بشرط أن يكون كفأ وإلا كان للولي حق الاعتراض وفسخ العقد
Telah engkau ketahui dari penjelasan kami bahwa kalangan Syafi’iyya h dan Malikiyyah mengartika n keberadaan seorang wali dalam pernikahan merupakan bagian dari rukun-ruku n nikah dalam arti tidak akan terjadi pernikahan tanpa seorang wali, sedangkan kalangan Hanabilah dan Hanafiyyah mengartika n keberadaan seorang wali dalam pernikahan menjadi syarat dalam pernikahan sedang rukun nikah hanya sebatas ‘ijab dan qabul’, kalangan Hanafiyyah menilai wali menjadi syarat sahnya pernikahan seorang bocah laki-laki ataupun perempuan dan orang gila laki-laki ataupun perempuan meskipun ia telah dewasa.
Sedang untuk wanita dewasa yang normal akalnya baik masih gadis ataupun janda maka tidak ada seorangpun berhak menjadi perwalian atas nikahnya, dia bisa menjalani pernikahan
dengan lelaki yang ia cintai bila memang sepadan dengannya bila tidak
seorang wali berhak menentang dan menfasakh (merusak) pernikahan nya.
Al-Fiqh alaa Madzaahib al-Arba’ah IV/46
التقليد والاجتهاد ص 22-23
ومنها ما نسب الى داود الظاهرى من جواز النكاح بلا ولي ولا شهود فلا يعتبر بما ذكره بعضهم فى جواز تقليده وممن يصح بحرمة تقليده فى هذا القول العلامة الشبراملسى فى حواشى النهاية .
Diantara keputusan seorang hakim yang tidak diperboleh kan untuk dijalankan adalah pernikahan dengan mengikuti madzhab Abu Daud adz-Dhohir i yang memperkena nkan pernikahan tanpa wali dan saksi, maka tidak boleh mengikuti pendapat yang memandang kelegalan pernikahan semacam ini, diantara ulama yang mengabsahk an keharaman mengikuti pernikahan mengikuti pendapat ini al-Alim al-‘Allama h as-Syibram alisy dalam kitab Hawaasyi an-Nihaaya h
At-Taqliid wal Ijtihaad hal 22-23
Wallaahu A'lamu Bis Showaab
>> Radhin El-Maujudy
Jawabannya boleh menurut pendapat imam Abu Hanifah..
Catatan: jika memang terpaksa harus taqlid pada selain imam syafi'i (dalam hal ini taqlid pada Imam abu hanifah) maka harus tau dn mengikuti ketentuan fiqh dalam bab nikah menurut Madzhab Hanafiy secara keseluruha sampai dlm proses pelaksanaa n Nikahnya, karna kita boleh taqlid, tetapi tdk boleh mencampur adukkan hukum/ pendapat beberapa madzhab dlam satu perkara..
Link Asal >>
http:// www.faceboo k.com/ groups/ piss.ktb/ permalink/ 44922866843 3280/ ?comment_id =449456198 410527&off set=0&tota l_comments =39
Kang Muhammad 'Ali Mawardy
Imam abu hanifah : ` bolehnya nikah tanpa wali bagi wanita yang sudah dewasa ` ? Penjelasan
JAWABAN :
>> Ibnu Toha
tentang syarat2 nikah seperti dua saksi, mas kawin dll. mufakat diantara imam yg empat, kecuali WALI bukan merupakan syarat nikah menurut Imam Abu Hanifah.
Ibarot :
بَابُ الْأَوْلِي
وَعَنْ أَبِي يُوسُفَ ) رَحِمَهُ اللَّهُ ( أَنَّهُ لَا يَنْعَقِدُ
وَعِنْدَ مُحَمَّدٍ يَنْعَقِدُ
(Fathul Qadir Ibnu al-Hamam al-Hanafi )
FOKUS :
وَيَنْعَقِ
# Dalil yg digunakan oleh Ulama Madzhab Hanafi tentang kebolehan wanita boleh mengawinka
1. Al-Qur'an :
فَلَا تَعْضُلُوه
maka janganlah kamu (para wali) menghalang
2. Al-Hadits :
528 - أخبرنا مالك أخبرنا عبد الرحمن بن القاسم عن أبيه عن عبد الرحمن ( 1 ) ومجمع ابني يزيد بن جارية الأنصاري عن خنساء ابنة خذام : أن ( 2 ) أباها زوجها ( 3 ) وهي ( 4 ) ثيب فكرهت ذلك ( 5 ) فجاءت رسول الله صلى فرد ( 6 ) نكاحه
(Al-Muwath
الأيم أحق بنفسها من وليها والبكر تستأذن في نفسها وإذنها صماتها
(Muttafaqu
23892 - حَدَّثَنَا
جَاءَتْ فَتَاةٌ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَتْ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ أَبِي زَوَّجَنِي
(HR Ahmad, Nasa'i dll)
11947 - عبد الرزاق عن بن عيينة عن يحيى بن سعيد عن القاسم بن محمد أن عائشة زوجت المنذر ابنة عبد الرحمن بن ابي بكر وليس بشاهد فجاء عبد الرحمن فقال أي عباد الله آيفتات في بناتي فأمرت عائشة المنذر أن يجعل الأمر بيده فرده عليه فلم يعد ذلك الأمر شيئا
(Mushannif
Syarah Hadits :
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ { الْأَيِّمُ
(Mufassil fi syarh Hadits, Ali bin Nayif al-Syuhud )
>> Masaji Antoro
Menurut kalangan Syafi'iyya
الفقه على المذاهب الأربعة ج 4 ص 46
قد عرفت مما ذكرناه أن الشافعية والمالكية اصطلحوا على عد الولي ركنا من أركان النكاح لا يتحقق عقد النكاح بدونه واصطلح الحنابلة و الحنفية على عده شرطا لا ركنا وقصروا الركن على الإيجاب والقبول إلا أن الحنفية قالوا : أنه شرط لصحة زواج الصغير والصغيرة والمجنون والمجنونة ولو كبارا أما البالغة العاقلة سواء كانت بكرا أو ثيبا فليس لأحد عليها ولاية النكاح بل لها أن تباشر عقد زواجها ممن تحب بشرط أن يكون كفأ وإلا كان للولي حق الاعتراض وفسخ العقد
Telah engkau ketahui dari penjelasan
Sedang untuk wanita dewasa yang normal akalnya baik masih gadis ataupun janda maka tidak ada seorangpun
Al-Fiqh alaa Madzaahib al-Arba’ah
التقليد والاجتهاد ص 22-23
ومنها ما نسب الى داود الظاهرى من جواز النكاح بلا ولي ولا شهود فلا يعتبر بما ذكره بعضهم فى جواز تقليده وممن يصح بحرمة تقليده فى هذا القول العلامة الشبراملسى
Diantara keputusan seorang hakim yang tidak diperboleh
At-Taqliid
Wallaahu A'lamu Bis Showaab
>> Radhin El-Maujudy
Jawabannya
Catatan: jika memang terpaksa harus taqlid pada selain imam syafi'i (dalam hal ini taqlid pada Imam abu hanifah) maka harus tau dn mengikuti ketentuan fiqh dalam bab nikah menurut Madzhab Hanafiy secara keseluruha
Link Asal >>
http://
Tidak ada komentar:
Posting Komentar