Selasa, 21 Juli 2015

CONTOH AQIDAH WAHABI YANG DHO'IF ATAU PALSU.!!!

Contoh Aqidah Wahabi Salafi Yang NYATA Sesat Lagi Menyesatkan Serta Terkeluar dari Ahlus Sunnah Wal Jamaah
CONTOH AQIDAH WAHABI YG DHOIF ATAU PALSU...... !!!!!

PARA ULAMA WAHABI MEMAKNAI ISTIWA' ALLAH dengan ISTIQROR (menetap) dan mengatakan bahawa ini adalah ucapan Sahabat dan ulama Ahlus sunnah Wal Jama'ah. Benarkah demikian ???

Ibnu Utsaimin dalam Majmu' Fatawa wa Rosailnya mengatakan :

مجموع فتاوى ورسائل ابن عثيمين - (ج 8 / ص 317)
وأهل السنة والجماعة يؤمنون بأن الله تعالى مستوٍ على عرشه استواءً يليق بجلاله ولا يماثل استواء المخلوقين .
فإن سألت : ما معنى الاستواء عندهم ؟
فمعناه العلو والاستقرار .

Ertinya : Ahlussunnah Wal Jamaah mengimani bahwa Allah istiwa di atas Arsy-NYA dengan Istiwa yang layak bagi-NYA,dan tidak semisal istiwanya mahluk, seandainya Engkau bertanya: Apa makna Istiwa menurut mereka...?? Maka maknanya adalah al 'Uluw (tinggi) dan al Istiqror (menetap).
_______________________

PEMBAHASAN :
Dari manakah sumber Ibnu Ustaimin berani mengatakan ISTIWA' dengan makna ISTIQROR (menetap) ???

1. Al kalbi dan Muqotil dalam kitab tafsirnya. Sebagaiman di riwayatkan oleh al Baghowi dalam tafsirnya:

(ثمّ استوى على العرش)
قال الكلبي ومقاتل: استقرّ1/235

maknanya; Allah istiwa di atas arasNya,berkata al kalbi dan muqotil;istaqorro;menetap [Maalimu tanzil 1/235]

2. Ibnul Qoyyim Al Jauzi (Tokoh yang dijadikan ideolog oleh kaum wahabi dalam Aqidah) dalam kitab Ijtima'u Juyus al Islamiyah juz 1 hal 157 :

اجتماع الجيوش الإسلامية - (ج 1 / ص 157)
قول إمامهم ترجمان القرآن عبد الله بن عباس رضي الله عنهما ذكر البيهقي عنه في قوله تعالى الرحمن على العرش استوى قال استقر

Perkataan para Imam ahli tafsir, Turjamanul Qur'an, yakni Abdullah bin Abbas Ra yang di sebutkan oleh al Baihaqi dari beliau mengenai firman Allah Ar Rohman alal Arsyistawa. Beliau berkata : yakni Istaqorro (menetap).

PERTANYAAN :
1.Siapakah al Kalbi dan Muqotil???
2. Benarkah al Baihaqi menyatakan bahwa Ibnu Abbas Ra menetapkan makna Istaqorro untuk Istawa sebagaimana di klaim oleh Ibnu Qoyyim ???
3.Apakah benar penisbatan kitab tafsir Ibnu Abbas kepada beliau ???

JAWABAN :

AL KALBI adalah seorang perowi yang masuk pada silsilat al Kidzb (rangkaian pendusta) :

1 Imam as Suyuthi berkata :

أي طريق الكلبي - رواية محمد بن مروان السدي الصغير فهي سلسلة الكذب .ا.هـ.
والكلام في رجال هذه السلسة معروف في كتب الجرح والتعديل .

Yakni melalaui jalan al Kalbi riwayat Muhammad bin Marwan as Sadi as Shogir maka itu adalah silsilah pendusta, dan rijal silsilah ini di kenal oleh ulama jarh wat tadil [al Itqon 2/189]

Dan kebanyakan tafsir Ibnu Abbas itu riwayat Muhamad bin Marwan dari al Kalbi ,sebagaimana yg akan di sebutkan pada jawaban nombor tiga.

2. Mashur Hasan dalam kitab; kutubun hadzaro minhal ulama 2/259 :

: كل ما أخرجه محمد بن السائب الكلبي عن أبي صالح عن ابن عباس ( وقد أخرج تفسيرا كثيرا ) كذبٌ وافتراءٌ . . وقال الإمام البخاري : أبو النضر الكلبي تركه يحيى بن مهدي . وقال أبو حاتم : الناس مجمعون على ترك حديثه وهو ذاهب الحديث لا يشتغل به .ا.هـ.

Semua yang di keluarkan oleh Muhammad bin Saib al Kalbi dari Abi Shalih dari Ibnu Abbas (dan telah di keluarkan dalam kitab tafsir yang banyak sekali) itu semua dusta dan di buat buat. Imam Bukhari berkata : Abu Nadhor al Kalbi di tinggalkan oleh Yahya bin Mahdi, berkata Abu Hatim : Para manusia sepakat meninggalkan hadisnya. Dia menghilangkan hadis dan tidak menyibukkan diri kepada hadis.

3.Berkata asy Syaukani dalam Fawaid al Majmu'ah 316 :

ومن جملة التفاسير التي لا يوثق بها " تفسير ابن عباس " فإنه مروي من طريق الكذابين كالكلبي والسدي ومقاتل

Di antara tafsir-tafsir yang tidak tsiqoh adalah kitab tafsir Ibnu Abbas karena di riwayatkan dari jalan para pendusta seperti al Kalbi as Sadi dan Muqotil.

MUQOTIL adalah seorang ahli tafsir namun tafsirannya banyak mengandungi tajsim (mejisimkan Allah) dan ditolak oleh para ulama' ahlus-sunnah wal jamaah. Muqotil memang terkenal sebagai ahli tafsir tetapi terlibat dalam faham tajsim dan terpengaruh dengan pemikiran ahli kitab yang menjisimkan tuhan mereka :

1. I mam Ibn Rajab Al-Hanbali r.a. menyebut nama Muqotil bin Sulaiman sebagai contoh bagi pelopor faham MUJASIMAH, beliau berkata:

والثاني من رام إثبات ذلك بأدلة العقول التي لم يرد بها الأثر ورد على أولئك مقالتهم كما هي طريقة مقاتل بن سليمان ومن تابعه كنوح بن أبي مريم وتابعهم طائفة من المحدثين قديماً وحديثاً.

Kedua; Golongan yang condong terhadap penetapan Dzat dan Shifat Allah dengan dasar akal semata yang tidak terdapat dalam atsar. Telah datang perkataan-perkataan mereka yang membantah golongan yang pertama sebagaimana yang dilakukan oleh Muqatil bin Sulaiman dan pengikut-pengikutnya seperti Nuh bin Abi Maryam; yang kemudian diikuti oleh (sebagian) kalangan Muhadditsin dulu dan sekarang.

2.Imam Abu Hanifah r.a. yang menjadi rujukan para ulama Ahlus Sunnah dalam bidang aqidah juga ada berkata tentang Muqotil ini :

أتانا من المشرق رأيان خبيثان، جهمٌ معطلٌ ومقاتلٌ مشبه

Telah datang kepada kami dari timur dua pendapat yang buruk iaitu Jahm yang berfaham Mu'aththiil (menafikan sifat Allah) dan Muqotil yang Musyabbih (menyerupakan sifat Allah dengan makhluk). [Tarikh Baghdad 13/164]

3.Imam Ahmad r.a. berkata tentang Muqotil:

كانت له كتب ينظر فيها إلا أني أرى أنه كان له علم بالقرآن

Sesungguhnya dia (Muqotil) memiliki kitab-kitab (yaitu kitab-kitab ahli kitab) yang dia sering rujuk kepadanya, hanya saja Aku melihat bahwa dia mempunyai ilmu tentang Al-Qur'an (tafsiran). [Tarikh Baghdad 13/161]

4.Imam Ibn Hibban juga berkata:

كان يأخذ عن اليهود والنصارى علم القرآن الذي يوافق كتبهم وكان مشبها يشبه الرب بالمخلوقين

Beliau (Muqotil) meriwayatkan dari Yahudi dan Nasrani tentang ilmu Al-Qur'an (tafsirannya) yang sesuai dengan kitab-kitab mereka (ahli kitab) dan beliau adalah seorang Musyabbih yang menyerupakan Allah dengan makhluk. [[Al-Majruhun 2/15]

KESIMPULAN : Jelas al Kalbi adalah pendusta dan Muqotil adalah Mujassim yang terkontaminasi dengan faham ahli kitab [yahudi nasrani] jadi jelas wahabi adalah pengikut salaf yang mujassimah, bukan pengikut salaf sebenarnya.

Ibnu Qoyyim Al Jauzi memaknai demikian karena mengikuti gurunya, Ibnu Taimiyyah yang ternyata membela mati matian kepada Muqotil,dia mencuba menafikan Muqotil daripada faham Tajsim dengan menganggap bahwa Imam Al-Asy'ari r.a. yang mengkritik Muqotil di sebabkan karena merujuk kepada rujukan Mu'tazilah. Ibn Taimiyyah membersihkan Muqotil bin Sulaiman daripada kritikan Imam Al-ASy'ari dengan berkata:

وأما مقاتل فالله أعلم بحقيقة حاله والأشعري ينقل هذه المقالات من كتب المعتزلة وفيهم انحراف عن مقاتل بن سليمان فلعلهم زادوا في النقل عنه أو نقلوا عن غير ثقة وإلا فما أظنه يصل إلى هذا الحد…ومقاتل بن سليمان وإن لم يكن يحتج به في الحديث لكن لا ريب في علمه بالتفسير وغيره

Adapun Muqotil, hanya Allah lebih mengetahui hakikat keadaannya. Sedangkan Al-Asy'ari menukilkan perkataan-perkataan ini (Muqotil menjisimkan Allah) daripada kitab-kitab Mu'tazilah yang mengandung penyelewengan terhadap Muqotil bin Sulaiman. Boleh jadi, mereka menambah nukilan (yang di buat2) terhadapnya (Muqotil) atau mereka menukil dari orang yang tidak tsiqah. Kalau tidak, aku tidak berfikir bahwa Muqotil sampai ke tahap yang demikian (tajsimnya).Muqotil walaupun tidaklah dari kalangan orang yang di pakai hujahnya dalam hadith, tetapi tidak dinafikan keilmuannya dalam tafsir dan lainnya". [Minhaj As-Sunnah: 2/618]

Al Imam Al Hafizh Ibnu Hajar Al Asqalaniy dalam kitab Fathul Bari ketika membahas istawa berkata :

قال ابن بطال اختلف الناس في الاستواء المذكور هنا وقالت الجسمية معناه الاستقرار ثم قال : وأما قول المجسمة ففاسد أيضا، لأن الاستقرار من صفات الأجسام ويلزم منه الحلول والتناهي، وهو محال في حق الله تعالى، ولائق بالمخلوقات

Berkata ibnu bathol bahwa telah terjadi perbedaan ulama dalam makna Istiwa, dan Golongan Jismiyyah (mujassimah) berkata, bahwa maknanya (Istiwa’) itu ISTIQROR (menetap), kemudian beliau berkata: perkataan kaum mujasimah itu fasid,karena istiqror adalah sifat benda/jisim dan melazimkan hulul dan batas, maka itu mustahil pada hak Allah Ta'ala dan layak bagi mahluk
Dan perlu diketahui bahwa riwayat yang dicomot oleh Ibnul Qoyiim dalam kitab Al Asma' wash Shifat itu sebenarnya sudah dihukumi Munkar oleh Al Baihaqi, namun sayang Ibnul Qoyyim menyembunyikan kenyataan ini :

Al Imam Al Hafizh Al Baihaqi berkata :

“….Riwayat tersebut (yang mengatakan Abdullah bin Abbas menafsirkan istiwa dengan bersemayam) adalah mungkar ...“.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar