Jumat, 08 April 2016

DOA KETIKA MASUK BULAN RAJAB

أَخْبَرَنَا الْإِمَامُ الشَّيْخُ هِبَةُ اللهِ السَّقَطِيُّ رَحِمَهُ اللهُ بِإِسْنَادِهِ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ -رَضِيَ اللهُ عَنْهُ-، قَالَ: "كَانَ رَسُوْلُ اللهِ - صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - إِذَا دَخَلَ رَجَبَ، قَالَ: اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ كَمَا بَلَّغْتَنَا رَجَبَ".

Telah mengkhabarkan kepada kami, Syeikh Hibatullah Assaqathi rahimahullaah dengan isnadnya dari Anas bin Malik radhiyallaahu ‘anhu, beliau berkata: “Adalah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam ketika masuk bulan Rajab, beliau berdoa:

ALLAAHUMMA BAARIK LANAA FII RAJABA WA SYA’BAANA WA BALLIGHNAA RAMADHAANA  KAMAA BALLAGHTANAA RAJABA

Ya Allah, berkahilah untuk kami pada Rajab dan Sya'ban, dan sampaikanlah kami Ramadlan sebagaimana Engkau sampaikan kami Rajab."

DOA MALAM PERTAMA BULAN RAJAB

وَيُسْتَحَبُّ أَنْ يَدْعُوَ فِيْ أَوَّلِ لَيْلَةٍ مِنْ رَجَبَ إِذَا فَرَغَ مِنْ صَلَاتِهِ بِهَذَا الدُّعَاءِ وَهُوَ أَنْ يَقُوْلَ:


Disunnahkan berdoa pada awal malam Rajab ketika usai melakukan sholat dengan doa berikut ini:

إِلَهِيْ تَعَرَّضَ لَكَ فِيْ هَذِهِ اللَّيْلَةِ الْمُتَعَرِّضُوْنَ، وَقَصَدَكَ الْقَاصِدُوْنَ، وَأَمَّلَ فَضْلَكَ وَمَعْرُوْفَكَ الطَّالِبُوْنَ؛

" Wahai Tuhanku, di malam ini telah berpaling orang-orang yang berpaling (dari rahmat-Mu), telah datang kepada-Mu orang-orang yang mempunyai tujuan, dan telah berharap orang-orang yang berkeinginan memperoleh  anugerah dan kebaikan-Mu.

وَلَكَ فِيْ هَذِهِ اللَّيْلَةِ نَفَحَاتٌ وَجَوَائِزُ، وَعَطَايَا وَمَوَاهِبُ، تَمُنُّ بِهَا عَلَى مَنْ تَشَاءُ مِنْ عِبَادِكَ، وَتَمْنَعُهَا مِمَّنْ لَمْ تَسْبِقْ لَهُ الْعِنَايَةُ مِنْكَ، وَهَا أَنَا عَبْدُكَ الْفَقِيْرُ إلَيْكَ، الْمُؤَمِّلُ فَضْلَكَ وَمَعْرُوْفَكَ،

Di malam ini Bagi-Mu adalah  tiupan rahmat, piagam-piagam penghargaan, pemberian  dan  anugerah. Engkau berikan semua itu terhadap hamba-hamba-Mu yang Kau kehendaki dan Engkau tidak memberikannya terhadap orang yang tiada memperoleh pertolongan dari-Mu. Inilah aku adalah hamba-Mu yang berharap pada-Mu, berharap anugerah-Mu dan kebaikan-Mu.

فَإِنْ كُنْتَ يَا مَوْلَايَ تَفَضَّلْتَ فِيْ هَذِهِ اللَّيْلَةِ عَلَى أَحَدٍ مِنْ خَلْقِكَ، وَجُدْتَ عَلَيْهِ بِعَائِدَةٍ مِنْ عَطْفِكَ، فَصَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِهِ ، وَجُدْ عَلَيَّ بِطَوْلِكَ وَمَعْرُوْفِكَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ.

Apabila Engkau - wahai kekasih Kami- telah memberikan anugerah-Mu di malam ini terhadap seseorang dari makhluk-Mu, dan telah Engkau berikan kebaikan padanya dengan berbagai sambungan kelembutan-Mu, maka, anugerahkan rahmat atas  Nabi Muhammad shalallahu 'aliahi wasallam, keluarga dan sahabat beliau juga berikanlah atasku dengan kekayaan dan kebaikan-Mu. Wahai Tuhan seru sekalian alam."

وَكَانَ عَلِيٌّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ يُفَرِّغُ نَفْسَهُ لِلْعِبَادَةِ فِيْ أَرْبَعِ لَيَالٍ فِي السَّنَةِ، وَهِيَ أَوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ رَجَبٍ، وَلَيْلَةُ الْفِطْرِ، وَلَيْلَةُ الْأَضْحَى، وَلَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ. وَكَانَ مِنْ دُعَائِهِ فِيْهَا:


Adalah sayyidina Ali radhiyallaahu ‘anhu menfokuskan dirinya untuk beribadah dalam empat malam dalam satu tahun, yaitu malam pertama bulan Rajab, malam Iedul Fitri, malam Iedul Adha, dan malam Nishfu Sya’ban.

Diantara doa beliau pada malam-malam tsb adalah:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِهِ مَصَابِيْحِ الْحِكْمَةِ، وَمَوَالِي النِّعْمَةِ، وَمَعَادِنِ الْعِصْمَةِ، وَاعْصِمْنِيْ بِهِمْ مِنْ كُلِّ سُوْءٍ، وَلَا تَأْخُذْنِيْ عَلَى غِرَّةٍ، وَلَا عَلَى غَفْلَةٍ، وَلَا تَجْعَلْ عَوَاقِبَ أَمْرِيْ حَسْرَةً وَنَدَامَةً، وَارْضَ عَنِّيْ؛ فَإِنَّ مَغْفِرَتَكَ لِلظَّالِمِيْنَ، وَأَنَا مِنَ الظَّالِمِيْنَ.

Ya Allah, limpahkanlah selawat ke atas Nabi Muhammad dan keluarga beliau, lentera-lentera  (sumber cahaya) hikmah, pemberi nikmat dan sumber perlindungan. Lindungilah aku dari keburukan dengan berkat mereka. Janganlah Engkau ambil aku ketika aku sedang tertipu dan lalai, janganlah Engkau jadikan akhir segala urusanku kerugian dan penyesalan. Redhailah aku, karena sesungguhnya keampunnanMu bagi orang-orang yang zalim dan aku tergolong dari kalangan orang yang berbuat zalim.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ مَا لَا يَضُرُّكَ، وَأَعْطِنِيْ مَا لَا يَنْفَعُكَ، فَإِنَّكَ الْوَاسِعَةُ رَحْمَتُهُ، الْبَدِيْعَةُ حِكْمَتُهُ، فَأَعْطِنِيَ السَّعَةَ وَالدَّعَةَ، وَالْأَمْنَ وَالصِّحَّةَ، وَالشُّكْرَ وَالْمُعَافَاةَ وَالتَّقْوَى، وَأَفْرِغِ الصَّبْرَ وَالصِّدْقَ عَلَيَّ وَعَلَى أَوْلِيَائِكَ، وَأَعْطِنِيَ الْيُسْرَ، وَلَا تَجْعَلْ مَعَهُ الْعُسْرَ، وَاعْمُمْ بِذَلِكَ أَهْلِيْ وَوَلَدِيْ وَإِخْوَانِيْ فِيْكَ، وَمَنْ وَلَدَنِيْ، مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ.

Ya Allah, kurniakanlah keampunan bagiku perkara yang tidak memudharatkan-Mu, dan berilah aku apa yang tidak bermanfaat bagi-Mu, karena sesungguhnya Engkau memiliki rahmat yang sangat luas dan hikmah yang menakjubkan. Maka berilah aku keluasan (rezeki), kelembutan, keselamatan, kesehatan, rasa syukur, ‘afiat dan taqwa. Dan berilah aku kesabaran dan sikap jujur, kepadaku dan kepada kekasih-kekasih-Mu. (Ya Allah) berilah kepadaku kemudahan, dan jangan Engkau jadikan bersamanya kesusahan, begitu juga kepada keluargaku, anak-anakku dan saudara-saudaraku di jalan-Mu serta orang-orang yang melahirkan aku, dari kaum muslimin dan muslimat, mukminin dan mukminat.

Sumber: Kitab Al Ghunyah Lithaalibii Tariiqil Haqq, karya Syeikh Abdul Qadir Al Jilani (wafat tahun 561 H), juz 1 halaman 327-328-329, cetakan Daarul Kutub Al ilmiyyah

Wallaahu A’lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar