Minggu, 20 Maret 2016

HUKUM BERMADZHAB

Boleh Pindah Madzhab Tapi Tidak Boleh Taqlid Sahabat Dan Tabi’in; KENAPA ?
HUKUM BERMADZHAB

Kenapa harus berMadzhab?

Oleh karena pertanyaan inilah dengan gamblang Hadrotus Syaikh Hasyim As’ari dalam kitab Risalah Ahli Sunnah Wal Jamaah hal: 16 cet: Maktabah Turots Islami Al Islami biMa’had Tebu Ireng Jombang menjelaskan yang artinya sebagai berikut:
“Fasal”
Menjelaskan wajib taqlid (mengikuti salah satu Madzhab) bagi orang yang tidak mampu ber-ijtihad (mengupas hukum melalui detail Al Qur’an Al Hadist, Ijma’ dan Qiyas).

Menurut mayoritas ulama muhaqqiqin (yang menguraikan masalah agama beserta dalil Al Qur’an-Al Hadist), bagi seseorang yang bukan Mujtahid Muthlaq, walaupun dia sudah mempunyai sebagian ilmu yang dianggap mumpuni dalam ber-ijtihad Wajib mengikuti pendapat para Mujtahid dan mengambil fatwanya, agar tidak kesulitan (memahami) tuntutan Syariat dengan taqlid pada salah satunya dan karena firman Alloh Ta’ala:
فَاسْأَلُوا أَهْلَ الذِّكْرِ إِنْ كُنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ
Artinya: “Maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui”, [QS. An Nahl 43]

Alloh mewajibkan bertanya, pada seseorang yang tidak mengetahui tuntutan syariat, hal tersebut dengan jalan taqlid kepada orang ‘Alim dan hal itu umum bagi setiap orang yang terkena khitob (tuntutan dalam ayat diatas), serta khitob tersebut umum dalam pertanyaan dari setiap hal yang tidak diketahui, karena adanya IJMA’ (kesepakatan Ulama) yang menyatakan bahwa sesungguhnya orang awam mulai dari zaman sahabat, tabi’n dan orang pada masa setelahnya senantiasa meminta fatwa pada Mujtahidiin dan mengambil hukum-hukun syariat pada Mujtahidiin serta para Ulama, karena beliau-beliau secepatnya menjawab pertanyaan orang awam tanpa ada isyarat menjelaskan Dalil, dan mereka orang awam menerima tanpa adanya penginkaran, maka secara IJMA’ orang awam (harus) mengikuti Mujtahid, dan dikarenakan juga pemahaman orang awam dari Al Kitab dan As Sunnah tidak dianggap, kalau tidak mencocoki pemahaman ulama Ahli kebenaran, yang agung serta terpilih, karena itu setiap orang yang melakukan bid’ah dan tersesat, memahami dan mengambil hukum-hukum yang salah dari Al Kitab dan As Sunnah, dengan keadaan ini orang awam tersebut tidak akan penah mendapatkan kebenaran sama sekali.
Dan tidak wajib bagi orang awam untuk selamanya menetapi satu Madzhab dalam setiap permasalahan yang terkini. Apabila sudah menetapi satu Madzhab seperti Madzhab Imam Syafi’i  – Semoga Alloh Ta’ala merahmatinya- maka tidak wajib seterusnya menetapi Madzhab tersebut, bahkan dia boleh berpindah pada Madzhab lain. Adapun orang awam yang tidak punya wawasan keagamaan dan tidak punya cara pengambilan dalil serta tidak pernah membaca kitab yang menjelaskan furu’ Madzhab, apabila dia berkata: “Aku adalah (orang yang mengikuti Madzhab) Syafi’i”, maka ini tidak dianggap dengan hanya (berpegang) pada ucapannya. Namun menurut Qiil (sebagian pendapat): “Apabila orang awam sudah menetapi Madzhab tertentu, maka wajib baginya seterusnya menetapi Madzhab tersebut, karena dia berkeyakinan bahwa Madzhab yang di ikutinya benar, oleh karena itu dia wajib memegang keyakinannya”.

Bagi muqollid (orang yang mengikuti Madzhab tertentu) boleh mengikuti pendapat selain Imamnya tentang permasalahan terkini, maka dia boleh mengikuti pendapat Imamnya tentang masalah Sholat Dluhur, misalnya, dan mengikuti Imam lain pada waktu sholat Ashar. Adapun taqlid (mengikuti Madzhab tertentu) setelah mengamalkan di perbolehkan, maka apabila pengikut Madzhab Syafi’i  menyangka sholat yang dilakukan sesuai Madzhabnya sah, kemudian ternyata batal menurut Madzhabnya, sedangkan menurut Madzhab lain tidak batal, maka dia boleh taqlid pada Madzhab tersebut, dan sholatnya di anggap cukup/sah.
Catatan penting:

MUJTAHID MUTHLAQ ADA DUA:

1. Mujatahid Muthlaq Mustaqil: Seseorang yang mampu meletakkan/menciptakan kaidah tersendiri dalam membuat kesimpulan hukum fiqh. Seperti Imam empat Madzhab.
Imam Abu Amr memperjelas syarat Mujathid Muthlaq sebagai berikut:
- Menguasai Dalil-dalil hukum syariat dari Al Kitab, As Sunnah, Ijma’ dan Qiyas.
- Mengetahui sesuatu yang di saratkan dalam penggunaan dalil-dalil dan mengetahui tata cara mengutip atau memperoleh hukum-hukum dari dalil-dalil tersebut, ini bisa diketahui dengan memahami ilmu Ushul Fiqh.
- Mengetahui Ilmu Qur’an, Hadist, Nasikh, Mansukh, Ilmu Nahwu, Lughot, Tashrif, perbedaan ulama, kesepakatan ulama dengan kadar sampai taraf mampu menguasai sarat-sarat dalil-dalil dan dengan kadar sampai taraf mampu memperoleh hukum fiqh dari hal tersebut serta mempunyai pengalaman/kebiasaan dan terlatih untuk menggunakan semua itu.
- Mengetahui pokok dan cabang Fiqh diluar kepala.

2. Mujtahid Muthlaq Ghoiru Mustaqil: seseorang yang mempunyai memenuhi kriteria Mujtahid Muthlaq Mustaqil akan tetapi tidak membuat kaidah tersendiri dalam menyimpulkan hukum fiqh. Namun mengikuti kaidah dari Imamnya waktu ber-ijtihad. Seperti Imam Abi Yusuf yang mengikuti Imam Hanafi, Imam Abi Qosim yang mengikuti Imam Maliki, Imam Buwaithi dan Imam Muzani yang mengikuti Imam Syafi’i , Imam Abi Bakar Al Atsrom yang mengikuti Imam Hambali dsb.
Dan kedua Mujtahid diatas tidak ditemukan pada masa kini yang ada adalah Mujaddid yakni sesorang yang mampu memperkokoh syariat dan hukum Islam. (catatan penting ini di sarikan dari ibarat dibawah ini).

الفقه الإسلامي الجزء الأول ص: 45
1. المجتهد المستقل: وهوالذي استقل بوضع قواعده لنفسه، يبني عليها الفقه، كأئمة المذاهب الأربعة. وسمى ابن عابدين هذه الطبقة:(طبقة المجتهدين في الشرع). 2. المجتهد المطلق غير المستقل: وهو الذي وجدت فيه شروط الاجتهاد التي اتصف بها المجتهد المستقل، لكنه لم يبتكر قواعد لنفسه، بل سلك طريق إمام من أئمة المذاهب في الاجتهاد، فهو مطلق منتسب، لا مستقل، مثل تلامذة الأئمة السابق ذكرهم كأبي يوسف ومحمد وزفر من الحنفية، وابن القاسم وأشهب وأسد ابن الفرات من المالكية، والبويطي والمزني من الشافعية، وأبي بكر الأثرم، وأبي بكر المروذي من الحنابلة، وسمى ابن عابدين هذه الطبقة:(طبقة المجتهدين في المذهب): وهم القادرون على استخراج الأحكام من الأدلة على مقتضى القواعد التي قررها أستاذهم في الأحكام، وإن خالفوه في بعض أحكام الفروع، لكن يقلدونه في قواعد الأصول. وهاتان المرتبتان قد فقدتا من زمان.
بغية المسترشدين للشيخ السيد عبد الرحمن بن محمد بن حسين بن عمرالمشهور با علوي ص: 7
[فائدة]: إذا أطلق الاجتهاد فالمراد به المطلق، وهو في الأصل بذل المجهود في طلب المقصود، ويرادفه التحري والتوخي، ثم استعمل استنباط الأحكام من الكتاب والسنة، وقد انقطع من نحو الثلاثمائة، وادّعى السيوطي بقاءه إلى آخر الزمان مستدلاً بحديث: “يبعث الله على رأس كل مائة من يجدد” الخ، وردّ بأن المراد بمن يجدد أمر الدين: من يقرر الشرائع والأحكام لا المجتهد المطلق، وخرج به مجتهد المذهب وهو: من يستنبط الأحكام من قواعد إمامه كالمزني، ومجتهد الفتوى وهو: من يقدر على الترجيح في الأقوال كالشيخين لا كابن حجر و (م ر)، فلم يبلغا رتبة الترجيح بل مقلدان فقط، وقال بعضهم: بل لهما الترجيح في بعض المسائل، بل وللشبراملسي أيضاً، اهـ
المجموع الجزء الأول ص: 75
فصل قال أبو عمرو: المفتون قسمان: مستقل وغيره, فالمستقل شرطه مع ما ذكرناه أن يكون قيما بمعرفة أدلة الأحكام الشرعية عن الكتاب والسنة والإجماع والقياس, وما التحق بها على التفضيل, وقد فصلت في كتب الفقه فتيسرت ولله الحمد, وأن يكون عالما بما يشترط في الأدلة, ووجوه دلالتها, وبكيفية اقتباس الأحكام منها, وهذا يستفاد من أصول الفقه, عارفا من علوم القرآن, والحديث, والناسخ والمنسوخ, والنحو واللغة والتصريف, واختلاف العلماء واتفاقهم بالقدر الذي يتمكن معه من الوفاء بشروط الأدلة والاقتباس منها, ذا دربة وارتياض في استعمال ذلك, عالما بالفقه ضابطا لأمهات مسائله وتفاريعه, فمن جمع هذه الأوصاف فهو المفتي المطلق المستقل, الذي يتأدى به فرض الكفاية. وهو المجتهد المطلق المستقل ; لأنه يستقل بالأدلة بغير تقليد وتقيد بمذهب أحد.

Imam Al Munawi Dalam Faidlul Qodirnya menjelaskan tentang keutamaan Imam-Imam pemimpin Madzhab sebagai berikut:

فيض القدير – (ج 1 / ص: 271)
ويجب علينا أن نعتقد أن الأئمة الأربعة والسفيانين والأوزاعي وداود الظاهري وإسحاق بن راهويه وسائر الأئمة على هدى ولا التفات لمن تكلم فيهم بما هم بريئون منه والصحيح وفاقا للجمهور أن المصيب في الفروع واحد ولله تعالى فيما حكم عليه إمارة وأن المجتهد كلف بإصابته وأن مخطئه لا يأثم بل يؤجر فمن أصاب فله أجران ومن أخطأ فأجر ، نعم إن قصر المجتهد أثم اتفاقا وعلى غير المجتهد أن يقلد مذهبا معينا وقضية جعل الحديث الاختلاف رحمة جواز الانتقال من مذهب لآخر والصحيح عند الشافعية جوازه لكن لا يجوز تقليد الصحابة وكذا التابعين كما قاله إمام الحرمين من كل من لم يدون مذهبه فيمتنع تقليد غير الأربعة في القضاء والافتاء لأن المذاهب الأربعة انتشرت وتحررت حتى ظهر تقييد مطلقها وتخصيص عامها بخلاف غيرهم لانقراض اتباعهم وقد نقل الإمام الرازي رحمه الله تعالى إجماع المحققين على منع العوام من تقليد أعيان الصحابة وأكابرهم انتهى. نعم يجوز لغير عامي من الفقهاء المقلدين تقليد غير الأربعة في العمل لنفسه إن علم نسبته لمن يجوز تقليده وجمع شروطه عنده لكن بشرط أن لا يتتبع الرخصة بأن يأخذ من كل مذهب الأهون بحيث تنحل ربقة التكليف من عتقه وإلا لم يجز خلافا لابن عبد السلام حيث أطلق جواز تتبعها وقد يحمل كلامه على ما إذا تتبعها على وجه لا يصل إلى الانحلال المذكور. إلى أن قال… وقد انتقل جماعة من المذاهب الأربعة من مذهبه لغيره منهم عبد العزيز بن عمران كان مالكيا فلما قدم الإمام الشافعي رحمه الله تعالى مصر تفقه عليه وأبو ثور من مذهب الحنفي إلى ذهب الشافعي وابن عبد الحكم من مذهب مالك إلى الشافعي ثم عاد وأبو جعفر بن نصر من الحنبلي إلى الشافعي والطحاوي من الشافعي إلى الحنفي والإمام السمعاني من الحنفي إلى الشافعي والخطيب البغدادي والآمدي وابن برهان من الحنبلي إلى الشافعي وابن فارس صاحب المجمل من الشافعي إلى المالكي وابن الدهان من الحنبلي للحنفي ثم تحول شافعيا وابن دقيق العيد من المالكي للشافعي وأبو حيان من الظاهري للشافعي ذكره الأسنوي وغيره.

Artinya: “Wajib bagi kita untuk meyakini bahwa sesungguhnya Imam-Imam empat Madzhab, pengikut Madzhab Imam Sufyan Atsauri, Imam Auza’i, Imam Dawud AdZohiri, Imam Ishaq bin Rohawiyyah dan Imam-Imam lain, sesuai dengan jalan kebenaran, tanpa menganggap orang yang mengatakan terlepas dari beliau-beliau. Adapun menurut pendapat yang Shohih (benar) sesuai mayoritas ulama, sesungguhnya yang benar dalam permasalahan furu’ hanya satu, dan semua kekuasaan hukum dikembalikan pada Alloh, serta sesungguhnya Mujtahid di tuntut kebenarannya, namun kesalahan yang dilakukan Mujtahid tidak menyebabkan dosa, bahkan Mujtahid tetap mendapatkan pahala, maka yang benar mendapat dua pahala, yang salah mendapat satu pahala. Hal diatas memang benar, namun apabila Mujtahid sembrono (dalam ijtihad-nya, sehingga salah) maka menurut sepakat ulama, Mujtahid mendapat dosa.

Sedangkan untuk selain Mujtahid harus mengikuti Madzhab tertentu, dan maksud dari dalil hadist “Perbedaan umatku adalah rahmat” adalah bolehnya berpindah dari satu Madzhab ke Madzhab lain.

Menurut pendapat yang Shohih dari kalangan Madzhab Syafi’i  boleh berpindah Madzhab namun tidak di perbolehkan mengikuti sahabat, tabi’in seperti ungkapan Imam Haromain yakni setiap ulama (sahabat. Tabi’in dan lainnya) yang Madzhabnya tidak terbukukan,

oleh karena itu dalam memutus perkara (dalam pengadilan agama) dan berfatwa tidak di perbolehkan mengikuti selain empat Madzhab (Imam Syafi’i , Imam Hanafi, Imam Hambali dan Imam Maliki), karena empat Madzhab tersebut sudah tersebar dan sudah terteliti, sehingga jelas kekuatan dalil mutlak dan pengkhususan dalil umumnya, berbeda dengan selain empat Madzhab yang terkikis/habis pengikutnya.
Dan Imam Ar Rozi – Semoga Alloh merahmatinya – menukil kesepakatan ulama tentang larangan orang awam untuk taqlid (mengikut) pada sahabat dan pembesarnya.

Na’am (Hal diatas betul), (namun) boleh bagi selain orang awam, yakni para ulama fiqh yang taqlid, mengikuti selain madzhab empat untuk amalnya sendiri, (dengan catatan) kalau mengetahui hubungan/pertalian pada ulama yang boleh diikuti dan mengetahui terkumpulnya sarat-sarat ulama yang diikuti, akan tetapi (hukum boleh taqlid tersebut) dengan sarat tidak cuma mengambil Rukhsoh (dispensasi), dengan gambaran seseorang mengambil hukum yang ringan-ringan saja, sekira orang tersebut ingin melepaskan tali/kewajiban taklif padanya, apabila tidak melakukan sarat tersebut maka tidak boleh taqlid pada selain empat madzhab, berbeda dengan pendapat Imam Ibnu Abdissalam yang memutlakkan hukum boleh mengikut selain empat madzhab, namun pendapat ini diarahkan pada permasalahan yang tidak sampai melepaskan tali/kewajiban taklif yang telah disebut. Sampai perkataan…

Dan banyak sekali Ulama dari golongan Madzab empat berpindah dari Madzhabnya ke Madzhab lain, seperti Imam Abdul Aziz bin Imron bermadzhab Maliki, waktu Imam Syafi’I – Semoga Alloh merahmatinya- datang ke Mesir, maka beliau belajar (dan berpindah madzhab) ke Imam Syafi’i. Imam Abu Tsaur dari Madzhab Hanafi pindah ke Madzhab Syafi’i.

Imam Ibnu ‘Abdil Hakam dari Madzhab Maliki ke Madzhab Syafi’i kemudian kembali lagi ke Madzhab Maliki, Imam Abu Ja’far bin Nashr dari Madzhab Hambali ke Madzhab Syafi’i. Imam Thokhawi dari Madzhab Syafi’i ke Madzhab Hanafi, Imam Sam’ani dari Madzhab Hanafi ke Madzhab Syafi’i. Imam Khothib Al Baghdadi, Imam Amudi dan Imam Ibnu Burhan dari Madzhab Hambali ke Madzhab Syafi’i. Imam Ibnu Faris pengarang kitab Al Mujmal dari Madzhab Syafi’i ke Madzhab Maliki, Imam Ibnu Ad Dahan dari Madzhab Hambali ke Madzhab Hanafi kemudian pindah lagi ke Madzhab Syafi’i. Imam Ibnu Daqiq Al ‘Ied dari Madzhab Maliki ke Madzhab Syafi’i dan Imam Abu Khayyan dari Madzhab Dhohiri ke Madzhab Syafi’I, (yang) menuturkan ini (adalah) Imam Asnawi dan lainnya”.

KESIMPULAN:
1. Madzhab adalah jalan untuk mencari kebenaran yang haq dalam mencari ridlo Alloh SWT.

2. Madzhab bukanlah alat perpecahan, tapi sebagai alat memperdalam lautan keilmuan Islam.

3. Madzhab adalah alat pembelajaran agar umat Islam saling menghormati dan menghargai pendapat muslim lainnya, jangan jadikan Madzhab sebagai penghalang bagi persaudaraan muslimin. Nabi SAW. bersabda:

صحيح البخارى 2446 (ج 9 / ص 103)
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلاَءِ حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ عَنْ بُرَيْدٍ عَنْ أَبِى بُرْدَةَ عَنْ أَبِى مُوسَى – رضى الله عنه – عَنِ النَّبِىِّ – صلى الله عليه وسلم – قَالَ « الْمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمِنِ كَالْبُنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا ». وَشَبَّكَ بَيْنَ أَصَابِعِهِ. طرفاه 481 ، 6026 – تحفة 9040

Artinya: Sahabat Abi Musa RA. dari Nabi SAW., beliau bersabda: “Mukmin bagi mukmin lainnya seperti bangunan, yang (saling) menguatkan (antara) satu pada lainnya”. Dan beliau nabi SAW. merapatkan antara jari jemari beliau.

Karena diluar sana banyak sekali non muslim di balik senyum manisnya bertepuk-tangan, bersorak-sorai melihat perbedaan yang menjurus pada perpecahan, seraya mereka mengada-ada, mencari-cari kesalahan Islam dengan opini mereka yang menyesakkan dada, dengan mengatakan Madzhab dan ulama’lah yang menyebabkan Islam hanya dimengerti orang-orang tertentu agar terjadi pengkultusan yang menyebabkan mandegnya pemikiran, dan dengan mencela serta menista junjungan kita Nabi Agung Sayyidina Muhammad SAW, Al Qur’an dan Al Hadist. Memang terbuktilah firman Alloh:

وَلَنْ تَرْضَى عَنْكَ الْيَهُودُ وَلَا النَّصَارَى حَتَّى تَتَّبِعَ مِلَّتَهُمْ قُلْ إِنَّ هُدَى اللَّهِ هُوَ الْهُدَى وَلَئِنِ اتَّبَعْتَ أَهْوَاءَهُمْ بَعْدَ الَّذِي جَاءَكَ مِنَ الْعِلْمِ مَا لَكَ مِنَ اللَّهِ مِنْ وَلِيٍّ وَلَا نَصِيرٍ

Artinya: “Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: “Sesungguhnya petunjuk Allah Itulah petunjuk (yang benar)”. dan Sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, Maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu.” [QS. Al Baqoroh 120]

وَدَّتْ طَائِفَةٌ مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ لَوْ يُضِلُّونَكُمْ وَمَا يُضِلُّونَ إِلَّا أَنْفُسَهُمْ وَمَا يَشْعُرُونَ (69) يَا أَهْلَ الْكِتَابِ لِمَ تَكْفُرُونَ بِآَيَاتِ اللَّهِ وَأَنْتُمْ تَشْهَدُونَ (70)

Artinya: “Segolongan dari ahli kitab ingin menyesatkan kamu, Padahal mereka (sebenarnya) tidak menyesatkan melainkan dirinya sendiri, dan mereka tidak menyadarinya (69). Hai ahli Kitab, mengapa kamu mengingkari ayat-ayat Allah, Padahal kamu mengetahui (kebenarannya) (70)”.[QS Ali Imroon 69-70]

وَمِنَ الَّذِينَ قَالُوا إِنَّا نَصَارَى أَخَذْنَا مِيثَاقَهُمْ فَنَسُوا حَظًّا مِمَّا ذُكِّرُوا بِهِ فَأَغْرَيْنَا بَيْنَهُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاءَ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَسَوْفَ يُنَبِّئُهُمُ اللَّهُ بِمَا كَانُوا يَصْنَعُونَ (14)

Artinya: “Dan diantara orang-orang yang mengatakan: “Sesungguhnya Kami ini orang-orang Nasrani”, ada yang telah Kami ambil Perjanjian mereka, tetapi mereka (sengaja) melupakan sebagian dari apa yang mereka telah diberi peringatan dengannya; Maka Kami timbulkan di antara mereka permusuhan dan kebencian sampai hari kiamat. dan kelak Allah akan memberitakan kepada mereka apa yang mereka kerjakan”. [QS. Al Maaidah 14]

يَا أَهْلَ الْكِتَابِ لِمَ تَلْبِسُونَ الْحَقَّ بِالْبَاطِلِ وَتَكْتُمُونَ الْحَقَّ وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ (71) وَقَالَتْ طَائِفَةٌ مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ آَمِنُوا بِالَّذِي أُنْزِلَ عَلَى الَّذِينَ آَمَنُوا وَجْهَ النَّهَارِ وَاكْفُرُوا آَخِرَهُ لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ (72) وَلَا تُؤْمِنُوا إِلَّا لِمَنْ تَبِعَ دِينَكُمْ قُلْ إِنَّ الْهُدَى هُدَى اللَّهِ أَنْ يُؤْتَى أَحَدٌ مِثْلَ مَا أُوتِيتُمْ أَوْ يُحَاجُّوكُمْ عِنْدَ رَبِّكُمْ قُلْ إِنَّ الْفَضْلَ بِيَدِ اللَّهِ يُؤْتِيهِ مَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ (73)

Artinya: (71) Hai ahli Kitab, mengapa kamu mencampur adukkan yang haq dengan yang bathil[203], dan Menyembunyikan kebenaran[204], Padahal kamu mengetahuinya? (72) Segolongan (lain) dari ahli kitab berkata (kepada sesamanya): “Perlihatkanlah (seolah-olah) kamu beriman kepada apa yang diturunkan kepada orang-orang beriman (sahabat-sahabat Rasul) pada permulaan siang dan ingkarilah ia pada akhirnya, supaya mereka (orang-orang mukmin) kembali (kepada kekafiran). (73) Dan janganlah kamu percaya melainkan kepada orang yang mengikuti agamamu[205].

Katakanlah: “Sesungguhnya petunjuk (yang harus diikuti) ialah petunjuk Allah, dan (janganlah kamu percaya) bahwa akan diberikan kepada seseorang seperti apa yang diberikan kepadamu, dan (jangan pula kamu percaya) bahwa mereka akan mengalahkan hujjahmu di sisi Tuhanmu”. Katakanlah: “Sesungguhnya karunia itu di tangan Allah, Allah memberikan karunia-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya; dan Allah Maha Luas karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui”; [QS. Ali Imron]
[203] Yaitu: menutupi firman-firman Allah yang termaktub dalam Taurat dan Injil dengan perkataan-perkataan yang dibuat-buat mereka (ahli Kitab) sendiri.
[204] Maksudnya: kebenaran tentang kenabian Muhammad s.a.w. yang tersebut dalam Taurat dan Injil.
[205] Kepada orang-orang yang mengikuti agamamu Maksudnya: kepada orang yang seagama dengan kamu (Yahudi/Nasrani) agar mereka tak Jadi masuk Islam atau kepada orang-orang Islam yang berasal dari agamamu agar goncang iman mereka dan kembali kepada kekafiran.

Ingat !! Kita bersahabat dengan non muslim, bukan berarti kita membenarkan agama dan keyakinan mereka.

Akhir kata kami mengajak kaum muslimin dan muslimat untuk memperkokoh benteng keislaman kita dari kerapuhan akibat penggerogotan dari dalam dan serangan dari luar, yakinlah bahwa:

شرح النووي على مسلم – (ج 5 / ص 496)
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ” الْإِسْلَام يَعْلُو وَلَا يُعْلَى عَلَيْهِ “
Artinya: Rosululloh SAW. bersabda: “Islam itu tinggi (lebih utama dari agama lain) dan tidak direndahkan”

Seraya berdoa:
لا حول ولا قوة إلا بالله
اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ (6) صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ (7)
Artinya: “Tunjukkanlah Kami jalan yang lurus, (6) (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat (7)”. [QS. Al Faatihah]

Wallohu A’lam bisShowab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar